Cara Bayar BPJS Online Melalui SimobiPlus Bank Sinarmas

Di era digital seperti sekarang ini, kebanyakan orang lebih suka membayar tagihan BPJS secara online dibandingkan offline. Hal tersebut wajar saja karena cara bayar BPJS online memberikan banyak kemudahan dan kepraktisan dibandingkan cara pembayaran offline. Tidak kalah dengan bank lainnya, Bank Sinarmas juga menyediakan layanan pembayaran BPJS secara online. Anda bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile banking yang dinamakan SimobiPlus. Apa sih SimobiPlus dan bagaimana cara membayar BPJS menggunakan aplikasi ini? Berikut penjelasannya untuk Anda:

Apa Itu SimobiPlus

cara bayar BPJS
cara bayar BPJS

SimobiPlus merupakan aplikasi mobile banking yang dihadirkan oleh Bank Sinarmas untuk para nasabahnya. Layanan ini tersedia baik untuk pengguna iPhone maupun Android sehingga bisa di-download di App Store dan Play Store. Untuk mendaftar SimobiPlus, maka Anda harus memiliki rekening tabungan atau giro terlebih dahulu. Jika sudah memilikinya, berikut langkah-langkah registrasi SimobiPlus:

  1. Buka aplikasi SimobiPlus di smartphone Anda.
  2. Pilih menu “Daftar/Register”.
  3. Klik “ I have Sinarmas Bank Account” karena Anda sudah memiliki akun bank.
  4. Masukkan nomor kartu ATM beserta captcha yang diminta.
  5. Anda akan menerima kode OTP melalui SMS, masukkan kode OTP tersebut.
  6. Masukkan PIN kartu ATM.
  7. Buat user ID, password, serta EasyPIN.
  8. Selesai. 

Keuntungan Bayar BPJS Menggunakan SimobiPlus

  1. Bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja

Keuntungan paling nyata jika Anda membayar tagihan BPJS melalui aplikasi mobile banking SimobiPlus yaitu bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Anda tidak perlu kesulitan mencari mesin ATM atau kantor cabang terdekat. Pasalnya Anda bisa melakukan pembayaran di kantor atau rumah. Yang terpenting Anda memiliki koneksi internet yang baik.

  1. Hanya membutuhkan smartphone

Anda bisa melakukan pembayaran melalui smartphone saja. Jadi Anda tidak perlu mencari komputer atau PC. Karena hanya melalui smartphone ini maka pembayaran BPJS bisa dilakukan kapan saja.

  1. Data tersimpan dengan aman

Sering terjadi seseorang yang lupa menyimpan atau menghilangkan bukti pembayaran setelah melakukan transaksi. Anda tidak akan mengalami hal tersebut jika menggunakan SimobiPlus. Pasalnya data akan tersimpan secara otomatis di dalam sistem. Jika ingin melakukan pembayaran lagi, Anda tidak perlu mengisi ID Pelanggan lagi.

  1. Selalu tepat waktu membayar tagihan

Jika telat membayar tagihan BPJS maka kartu Anda tidak bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan. Jadi Anda harus melakukan pembayaran tagihan BPJS terlebih dahulu atau membayar tagihan secara pribadi di rumah sakit. Kemudahan yang dihadirkan layanan mobile banking bisa membantu Anda selalu membayar tagihan tepat waktu dan menghindari telat bayar tagihan.

Cara Bayar BPJS Menggunakan SimobiPlus

Cara membayar tagihan BPJS di SimobiPlus sangat sederhana dan mudah dilakukan. Langsung saja, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi SimobiPlus.
  2. Pilih menu “Pembayaran/Pembelian” pada layar awal yang tersedia.
  3. Selanjutnya pilih kategori “Layanan Umum”.
  4. Anda akan diminta memasukkan beberapa informasi. Field IDPEL diisi dengan id pelanggan yaitu 88888 + nomor kepesertaan. Sedangkan Jumlah Bulan diisi dengan banyaknya bulan yang ingin dibayar.
  5. Lanjutkan proses sesuai instruksi.
  6. Jika sudah selesai maka akan ada informasi bahwa pembayaran Anda berhasil.

Itulah penjelasan panjang lebar mengenai SimobiPlus dari Bank Sinarmas dan cara bayar BPJS menggunakan aplikasi tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa setiap transaksi pembayaran BPJS yang dilakukan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Biayanya masih sangat jauh lebih terjangkau dibandingkan Anda harus telat bayar dan tidak bisa menggunakan kartu BPJS saat sakit. Selain melalui mobile banking, pembayaran BPJS di Bank Sinarmas juga bisa dilakukan melalui teller bank dan mesin ATM.