Tips Membeli Perhiasan Berlian Untuk Pertama Kalinya

0
78
perhiasan berlian
perhiasan berlian

Berlian adalah barang mewah yang harganya tidak murah. Untuk mengekspresikan kemewahannya, berlian dibuat menjadi beragam perhiasan seperti beragam perhiasan berlian yang kita kenal sekarang seperti anting, kalung, cincin, dan gelang. 

Macam – macam perhiasan berlian terbaru selalu bermunculan dari waktu ke waktu untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya. 

Berlian ini diaplikasikan ke dalam perhiasan tersebut sebagai bahan material untuk menambah kesan cantik. Untuk Anda ingin menambah kesan cantik pada penampilan Anda, maka perhiasan yang terbuat dari material berlian ini bisa menjadi solusi. 

Namun, sebelum membeli perhiasan apalagi dari berlian, Anda harus memperhatikan tips – tips berikut lebih dulu. 

1. Cek Budget Anda 

Tentu saja, budget adalah pertimbangan utama untuk membeli berlian karena harga berlian yang sangat beragam di pasaran dan cenderung mahal. Sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda sudah menyiapkan uang dalam jumlah tertentu baru dibelikan berlian. 

Sebaiknya Anda tidak membeli perhiasan secara berhutang, lebih baik menabung dari awal supaya tidak mengganggu cash flow Anda. 

perhiasan berlian

2. Melakukan Window Shopping 

Window shopping adalah kegiatan untuk melihat barang – barang tanpa membelinya lebih dulu. Kegiatan seperti ini akan memperbanyak referensi Anda dalam membeli perhiasan yang cocok sehingga setelah di beli, Anda tidak akan kecewa lagi. 

Window shopping bisa Anda lakukan baik secara online di marketplace atau website resmi penjual perhiasan maupun offline dengan cara mendatangi langsung tokonya. 

3. Pertimbangkan Tipe yang Cocok 

Tipe perhiasan yang beredar di pasaran ada banyak dan tentu tidak semuanya cocok untuk Anda gunakan. Sebelum membeli, pastikan Anda memilih tipe perhiasan yang cocok dengan Anda untuk digunakan pada situasi tertentu. 

Jika Anda adalah tipe orang yang fleksibel dan kasual, tentu membeli tipe perhiasan  yang bisa dipakai berhari – hari lebih worth it daripada membeli tipe perhiasan khusus untuk acara pesta atau acara formal. 

Namun, jika Anda merupakan seorang yang bekerja di perusahaan dan menuntut penampilan formal, tentunya tipe perhiasan formal lebih cocok untuk Anda gunakan sehari – hari di tempat kerja. 

4. Kualitas 

Berlian memiliki kualitas yang bermacam – macam sama halnya dengan emas. Setiap emas memiliki jumlah karat dan warna yang berbeda – beda yaitu yellow, white, dan rose gold.

Sedangkan berlian kualitasnya ditentukan oleh standard 4C yaitu Carat (besar ukuran atau berat berlian), Clarity (kejernihan), Cut (potongan), dan Color (Warna). 

Semakin baik kualitas 4C nya maka akan semakin mahal pula harganya. Jadi pahami betul – betul kualitas 4c yang baik sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan berlian.

5. Pertimbangkan untuk memilih model yang timeless 

Dari waktu ke waktu, perhiasan juga mengalami beragam perubahan model. Untuk mencegah perhiasan yang Anda gunakan terkesan jadul dan membosankan, maka disarankan untuk memilih model yang timeless.  

 Sebagai referensi, Anda bisa memilih model yang terlihat klasik dan natural. Model seperti ini memberikan efek timeless atau tak lekan oleh waktu meskipun sudah dipakai puluhan tahun lamanya. 

6. Sertifikasi 

Perhiasan berlian yang asli memiliki sertifikasi untuk menunjukkan keasliannya. Sertifikat ini berisi informasi berupa tanggal, bentuk, cutting, proporsi, tingkatan warna, kejernihan fluorescence dan finishing berlian.  

Itulah perpaduan enam tips yang bisa Anda lakukan untuk membeli perhiasan. Semoga bermanfaat.