5 Sumber Makanan Tinggi Nutrisi untuk Anak-Anak

Anak-anak masih dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan nutrisi yang tinggi. Sumber utama nutrisi anak-anak tentu saja adalah makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Oleh sebab itu, Anda wajib menyajikan makanan tinggi nutrisi untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Apa saja? Simak pada artikel ini!

Apa Saja Sumber Makanan Tinggi Nutrisi untuk Anak?

Berikut ini merupakan makanan-makanan yang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting untuk anak-anak. Ada banyak jenis sayuran hijau yang bisa Anda pilih seperti bayam, brokoli, sawi, dan kale. Sayuran hijau kaya vitamin, mineral, dan antioksidan untuk membuat tubuh Si Kecil lebih berenergi.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan makanan yang mengandung omega 3, protein, vitamin, serta mineral. Namun, porsinya harus sesuai yaitu porsi sedang atau 60 gram per sajian. Anda bisa menjadikan ikan tuna sebagai sandwich agar Si Kecil semakin menyukainya.

3. Ikan Salmon

Selain ikan tuna, Anda juga bisa memberikan ikan salmon pada Si Kecil. Kandungannya berupa omega 3, vitamin A, vitamin D, dan juga selenium. Manfaat kandungan ikan salmon yaitu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Jadi, cocok untuk meningkatkan kecerdasan anak. 

4. Telur

Telur adalah superfood dengan banyak sekali kandungan nutrisi penting. Beberapa di antaranya seperti vitamin B12, vitamin D, lemak, protein, dan juga zat besi. Manfaat dari kandungan telur yaitu pembentukan sel darah merah, meningkatkan imunitas, dan masih banyak yang lainnya. Anda bisa berinovasi dengan berbagai macam olahan telur. 

5. Daging Merah Tanpa Lemak

Makanan yang tinggi nutrisi terakhir adalah daging merah tanpa lemak. Daging ini mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh. Porsi yang direkomendasikan untuk anak-anak yaitu satu ons per hari. Selain zat besi, daging merah tanpa lemak juga mengandung zinc yang bermanfaat untuk daya ingat.

Itulah informasi mengenai 5 sumber makanan tinggi nutrisi yang baik untuk anak. Agar makanan yang Anda sajikan pada Si Kecil semakin lezat, jangan lupa tambahkan Masako Rasa Gurih Pas. Varian satu ini cocok untuk anak-anak karena lebih sedikit garam. Selain itu, ada juga Masako Sapi dan Ayam yang tak kalah lezat.