Plus dan Minus Tinggal di Apartemen

0
103
apartemen Tangerang
apartemen Tangerang

Dapat dikatakan bahwa pada masa seperti sekarang ini agak sulit untuk memiliki rumah di tengah kota seperti di kota-kota besar. Hal seperti ini seharusnya sudah dapat kita prediksi sejak dulu, karena memang di setiap kota besar akan mengalami kurangnya ketersediaan lahan seiring banyaknya pembangunan. Maka dari itu banyak yang mencari alternatif lain seperti menyewa atau membeli apartemen di Jakarta atau apartemen Tangerang.

Tentu kamu tahu bahwa segala hal itu terdapat kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sama halnya juga dengan tinggal di apartemen yang memiliki enak gak enak nya untuk ditinggali seperti berikut ini.

apartemen Tangerang
apartemen Tangerang

Kelebihan

  1. Harga relatif murah

Mungkin bagi sebagian berpikiran bahwa akan menghabiskan cukup banyak uang untuk menyewa atau membeli apartemen daripada membeli rumah seperti pada umumnya. Hal ini jelas saja keliru, karena dengan membeli apartemen tentu saja kamu dapat menghemat pengeluaran.

Membeli rumah itu berarti sama saja membeli tanah beserta bangunannya yang tentu saja akan dijual dengan harga yang tidak murah, tapi untuk membeli satu apartemen kamu hanya akan membeli bangunannya saja yang jelas jauh lebih murah daripada membeli rumah.

2. Lokasi

Selain harganya yang murah, kebanyakan pengembang biasanya akan membangun di lokasi yang strategis seperti dekat dengan pusat perkantoran, pemerintahan, dan pendidikan.

Seperti misalnya Pacific Garden yang merupakan salah satu apartemen Tangerang di kawasan Alam Sutera yang memiliki lokasi dekat dengan kampus ternama seperti Binus, Universitas Bunda Mulia, dan juga Swiss German University.

3. Fasilitas

Selanjutnya dapat kita lihat dari segi fasilitas yang umumnya disediakan seperti kolam renang, lobi, taman bermain anak, hingga lapangan tenis. Berbagai fasilitas tersebut tentu jarang sekali kita temui di perumahan biasa. Selain itu pengelola apartemen juga sering memberikan fasilitas free-wifi di beberapa titik tertentu.

4. Keamanan

Sejauh ini bagi orang yang tinggal di apartemen dapat tinggal dengan nyaman karena keamanannya yang  cukup terjamin. Hal ini didukung dengan adanya persone; kemanan yang maksimal menjaga selama 24 jam penuh ditambah dengan banyaknya CCTV yang terpasang di setiap sudut.

Kekurangan

  1. Biaya perawatan

Kekurangan pertama yang kita bahas adalah biaya perawatan yang bisa dibilang mengeluarkan jumlah lumayan besar. Misalnya biaya listrik, kebersihan, air, sampai biaya parkir pun termasuk dalam hitungan. Jelas berbeda dengan tinggal di rumah biasa yang tidak perlu pusing dengan biaya parkir dan bisa menggunakan air PDAM yang jauh lebih murah.

2. Akses

Para calon penghuni atau penghuni apartemen biasanya rebutan untuk mendapatkan lokasi yang paling bawah demi memudahkan mobilitas mereka. Bagi penghuni yang tinggal di lantai paling atas tentu akan sedikit merasa kesulitan untuk kembali ke apartemen harus menaiki lift terlebih dulu.

Tentu hal ini akan mudah jika lift yang digunakan tidak mengalami gangguan. Para penghuni apartemen jelas sudah tidak heran dengan adanya kendala pada lift yang mengharuskan mereka naik-turun apartemen melalui tangga.

3. Ruang Terbatas

Salah satu kekurangan apartemen yang tidak bisa kamu hindari yaitu ruang yang terbatas. Hal ini jelas sekali bahwa tidak ada halaman rumah, taman, ataupun teras.

4. Interaksi sosial

Saat kamu memutuskan untuk tinggal di apartemen, kamu sudah harus memastikan mental terlebih dulu. Kehidupan di apartemen tentu berbeda dengan kehidupan di rumah dengan adanya interaksi sosial dengan tetangga.

Namun, interaksi seperti itu akan sangat jarang kamu temukan di apartemen. Ketika kembali ke apartemen, biasanya para penghuni akan lebih senang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Beberapa hal seperti diatas, baik kelebihan maupun kekurangannya pasti akan kamu temukan jika kamu tinggal di apartemen baik jakarta atau pun tinggal apartemen tangerang, atau kota lainnya. Semua itu kembali kepada diri sendiri dan bagaimana cara kamu untuk menyesuaikannya.