4 Cara Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

Perhiasan adalah sahabat bagi wanita. Hal ini bisa terlihat dari kaum hawa yang nyaris selalu memakai perhiasan dalam setiap aktivitasnya. Perhiasan ini bentuk dan fungsinya bervariasi, bisa sebagai cincin, gelang, kalung, maupun anting. Namun salah satu perhiasan yang paling sering dipakai adalah cincin. Kecintaan wanita terhadap perhiasaan ini sebaiknya juga dilengkapi dengan wawasan tentang perhiasan berlian asli. Hal ini merujuk pada fakta bahwa masih banyak oknum yang menjual perhiasan palsu atau replika.

Harga berlian yang mahal dimanfaatkan oleh sebagian oknum untuk mendapatkan keuntungan dengan cara menjual perhiasan palsu. Tentu ini menjadi PR tersendiri bagi Anda yang gemar dengan perhiasan berlian ini. Jangan sampai Anda lengah hingga mengabaikan ciri-ciri berlian yang asli.

Membedakan berlian asli dan replika 

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

source: https://lh3.googleusercontent.com/proxy/zlgsWjjt_IsAsDEmt7D3TnOZOn8SWlIA3otpPgYxsM0P7OUUPbAeGLry7r542zd2oKAUbVnnCSbIn0EuMXQkYneE5hXHtm4BkHjQ5VfaJTUNxyu_r64xC9AKfDooRX5Dy6JQbyNPvBMqRTPieVWB

Nah, agar Anda terhindar dari kesalahan membeli berlian palsu, berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membedakan berlian asli dan replika.

1. Cek dengan air

Untuk mengecek keaslian berlian menggunakan air, Anda bisa memulainya dengan menyiapkan gelas yang berisi tiga perempat air. Selanjutnya, masukan perhiasan berlian Anda ke dalam gelas tersebut. Apabila didapati berlian itu tenggelam, maka ini menandakan bahwa berlian milik Anda adalah berllian asli.

Sedangkan apabila berlian mengambang di atas air, maka bisa disimpulkan bahwa berlian tersebut merupakan berlian palsu atau replika. Akan tetapi, untuk lebih meyakinkan, Anda bisa mencoba mengecek keaslian berlian dengan cara lain.

2. Manfaatkan loupe

Kaca pembesar atau yang juga dikenal dengan sebutan loupe juga bisa Anda manfaatkan untuk menguji keaslian berlian. Seperti namanya, kaca pembesar ini akan membantu Anda lebih mudah dalam mengamati berlian secara detail. Amatilah bagian tepi atau pinggiran berlian. Untuk berlian asli, bagian tepinya cenderung tajam, sedangkan untuk berlian palsu atau replika bagian tepinya terlihat lebih bulat.

3. Diamplas

Perlu diketahui bahwa berlian merupakan jenis batuan yang paling keras. Itu artinya, berlian sangat sulit untuk dihancurkan. Jangankan dihancurkan, berlian yang asli akan sulit tergores. Oleh karena itu, guna membedakan berlian asli dan palsu, Anda bisa memanfaatkan amplas.

Perhiasan berlian asli ketika diamplas akan tetap memiliki permukaan yang halus dan mulus. Sebaliknya, berlian palsu akan meninggalkan goresan apabila digosok menggunakan amplas.

3. Transparansi

Cara membedakan berlian asli dan palsu selanjutnya adalah menguji transparansi berlian tersebut. Dalam hal ini Anda cukup menyiapkan koran atau buku. Kemudian letakkan berlian di atas koran atau buku (yang terdapat tulisan). Perhatikan dan amati dengan teliti. Jika Anda bisa melihat huruf atau tulisan yang ada di bawah berlian, maka ini menandakan bahwa berlian miliki Anda tersebut adalah palsu. 

Sebaliknya, jika Anda tidak bisa melihat tulisan atau huruf yang berada di bawah berlian, maka ini menjadi tanda bahwa berlian tersebut asli. Hal ini dikarenakan berlian yang asli memiliki kemampuan menutupi cahaya sehingga tidak bisa menampakkan tulisan atau huruf yang ada di bawahnya. 

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda terapkan guna membedakan berlian asli dan palsu. Mengingat harga berlian tidaklah murah, pastikan Anda tahu betul apa saja ciri-ciri berlian asli dan palsu. 

Mintalah rekomendasi dari teman, kerabat atau kolega Anda perihal toko perhiasan berlian yang terpercaya. Terlebih jika Anda berencana membelinya secara online, maka memastikan kredibilitas toko perhiasan tersebut adalah keharusan. Lain halnya apabila selama ini Anda sudah berlangganan di Mondial Jeweler, yang mana toko perhiasan tersebut sudah terbukti terpercaya dan pastinya selalu menyediakan perhiasan berlian asli.