6 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja yang Bisa Anda Ikuti

0
249
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Menempuh pendidikan hingga jenjang paling tinggi merupakan impian setiap orang. Namun sayangnya, masih banyak orang yang tidak memiliki kesempatan untuk bisa langsung kuliah seperti yang mereka inginkan. Sebagian besar dari mereka terkendala ekonomi sehingga harus bekerja terlebih dahulu. Adanya kuliah kelas karyawan membuat impian setiap orang untuk melanjutkan pendidikan tinggi bisa terpenuhi. Anda bisa kuliah sambil kerja dengan mengambil kelas karyawan yang memang berbeda dengan kelas reguler.

Pada umumnya, kelas karyawan memiliki jam kuliah yang lebih fleksibel dan tidak berada pada jam-jam produktif. Hal tersebut yang kemudian membuat Anda bisa menempuh kuliah sekaligus bekerja dalam waktu bersamaan. Akan tetapi, kuliah sambil kerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena Anda memiliki 2 prioritas. Berikut ini ada 6 tips sukses yang bisa Anda ikuti jika ingin menempuh pendidikan tinggi sambil bekerja:

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Pastikan Perusahaan Tahu Bahwa Anda Sedang Kuliah

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin kuliah sekaligus bekerja adalah membicarakannya dengan atasan. Bagaimanapun tanggung jawab Anda yang utama adalah sebagai karyawan jadi Anda harus memberitahu perusahaan jika ingin kuliah kembali. Pada umumnya, perusahaan akan mendukung keinginan Anda karena mereka nantinya juga akan diuntungkan.

Lakukan Manajemen Waktu dengan Baik

Kuliah sekaligus bekerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama dalam hal waktu. Manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan agar tugas kantor dan kuliah tidak keteteran. Lakukan manajemen waktu agar kuliah maupun pekerjaan tetap bisa berjalan dengan baik.

Ambil Jurusan yang Sesuai dengan Profesi

Berbeda dengan mahasiswa reguler yang belum tahu pekerjaan apa yang akan dilakukan di masa datang, mereka yang memilih kuliah dan bekerja sudah memiliki profesi masing-masing. Memilih jurusan kuliah yang linear dengan profesi merupakan keputusan yang baik karena bisa mendukung karir Anda. Selain itu, pihak perusahaan juga akan lebih mendukung apabila Anda mengambil jurusan yang linear.

Jaga Kesehatan, Performa Kerja, dan Perkuliahan

Mereka yang bekerja atau kuliah saja biasanya sudah memiliki kesibukan tinggi apalagi Anda yang memilih kuliah dan bekerja secara bersama-sama. Kesehatan harus dijaga dengan baik agar performa kerja maupun perkuliahan tetap dalam keadaan optimal. Fokuskan diri pada pekerjaan pada saat bekerja, dan sebaliknya fokuskan diri pada perkuliahan saat sedang kuliah.

Terapkan Pengalaman Kerja dan Bangun Relasi

Anda yang kuliah sekaligus bekerja memiliki kelebihan dari segi pengalaman kerja dibandingkan mereka yang kuliah reguler. Manfaatkan hal tersebut dalam tugas kuliah sehingga lebih maksimal. Selain itu, Anda juga perlu membangun relasi dengan teman sekelas yang mayoritas juga karyawan berprofesi sama maupun berbeda.

Pertimbangkan Beban Biaya Kuliah

Biaya merupakan pertimbangan penting yang tidak boleh Anda lupakan jika akan memulai kuliah. Sebaiknya lakukan manajemen keuangan yang baik sehingga masa depan Anda juga lebih terjamin. Jika ada kesempatan, Anda bisa mencoba mengajukan beasiswa ke perusahaan untuk mendapatkan dukungan secara finansial.

Itulah tips sukses kuliah sambil kerja agar Anda bisa berhasil di kedua bidang tersebut. Dengan mengikuti tips di atas, maka pekerjaan tetap berjalan dan ilmu perkuliahan didapatkan secara optimal. Agar ilmu yang didapatkan lebih optimal lagi, Anda harus memilih universitas atau perguruan tinggi terbaik.

STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melanjutkan kuliah di bidang ilmu komputer. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika kuliah di IDS Digital College. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda cek langsung di website ids.ac.id.