Tips Sebelum Masuk Kuliah Animasi Terbaik

0
274
kuliah animasi terbaik
kuliah animasi terbaik

Di era modern seperti sekarang ini, banyak hal yang telah berubah. Kemajuan teknologi serta maju nya peradaban memberikan dampak yang tinggi terhadap era digital. Tidak menutup kemungkinan, dunia animasi telah berkembang pesat mengikuti perkembangan zaman. Di era serba digital ini, untuk urusan dunia film, para produsen film telah melibatkan unsur animasi di dalamnya. Dari yang semula menuntut skill dari para aktor, sekarang mulai memasukkan unsur animasi di dalamnya. Untuk kamu yang ingin mengembangkan kemampuan animasi setelah selesai belajar di bangku SMA, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menimba ilmu dan mengasah keahlian kuliah animasi terbaik baik di luar negeri maupun didalam negeri seperti di idseducation.com. Berikut tips-tips yang harus kamu ketahui sebelum masuk kuliah animasi:

kuliah animasi terbaik
kuliah animasi terbaik

1. Ketahui Apa Itu Jurusan Animasi

Kalau kamu ingin meniti karir  atau sekedar menimba ilmu di jurusan animasi demi menjadi animator handal di masa depan. Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah apa arti dari jurusan animasi dan apa saja yang kita lakukan ketika sudah mengambil jurusan tersbeut. Secara singkat, ketika kamu masuk jurusan animasi, disana kamu akan diajarkan tentang konsep-konsep dasar animasi atau gambar gerak. Selain itu, kamu juga akan mempelajari bagaimana cara mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam proses pembuatan film.

Selain mengaplikasikan pada film, kamu juga akan diajarkan bagaimana proses pengaplikasiannya pada iklan atau berbagai macam jenis video. Secara konsep, kuliah animasi berarti mengimplemetasikan beberapa teknik hingga ilusi optik sehingga hasil akhirnya akan membuat suatu pergerakan gambar atau animasi yang enak untuk dipandang. Seperti halnya konsep visual effect yang memberikan efek pada gambar yang bergerak lebih halus hingga gambar tersebut terlihat lebih enak untuk ditonton.

2. Jangan Terkecoh dengan Jurusan yang Bernada Sama

Sepintas, jurusan animasi sering disamakan dan bahkan tertukar dengan jurusan desain komunikasi visual. Sampai sekarang pun, banyak orang yang masih belum-belum paham dengan perbedaannya. Beberapa perguruan tinggi hingga sekolah tinggi memang menawarkan perkuliahan animasi di bawah naungan jurusan desain komunikasi visual. Secara ilmu kamu memang mendapatkan ilmu tentang animasi, namun untuk mengaplikasikan nya hingga menjadi sebuah karya, akan sangat terasa bedanya. 

Hal tersebut dikarenakan bahwa pada jurusan desain komunikasi visual, ilmu atau pelajaran animasi hanyalah setingkat konsentrasi ilmu atau berupa peminatan dari jurusan desain komunikasi visual. Sedangkan di jurusan animasi seperti yang ada di idseducation.com, kamu akan mendapatkan ilmu sekaligus praktek bagaimana cara membuat film animasi dan teknik-tekniknya. Jadi pertimbangkan lagi saat kamu akan memilih jurusan jika ingin menekuni dunia animasi dan menjadi animator yang handal.

3. Pilihlah Kampus atau Sekolah yang Sudah Memiliki Reputasi

Setelah memutuskan untuk menjadi seorang animator, selain tentunya skill yang perlu disiapkan, kamu juga harus menentukan langkah berikutnya, yaitu memilih kampus atau sekolah tempat kamu bakal menimba ilmu. Memilih kampus animasi serta jurusan animasi yang sudah memiliki reputasi yang bagus tentunya akan mempermudah perjalanan karir kamu.

Sudah menjadi hal yang wajar, menempuh ilmu di kampus dengan reputasi baik akan mendapatkan fasilitas-fasilitas yang mumpuni dan relasi yang banyak sesuai dengan jurusan yang kamu tekuni. Selain fasilitas fisik yang dimiliki kampus tersebut kamu juga perlu mempertimbangkan pengajar yang berkualitas di sana. Dengan memiliki pengajar-pengajar handal dan sudah memiliki reputasi di dunia perfilman, hal ini bisa kamu jadikan sebagai batu loncatan besar demi masa depan yang cerah.

3 hal di atas adalah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum masuk kuliah animasi terbaik. Ketika kamu sudah masuk kuliah animasi terbaik di idseducation.com, pastikan untuk belajar yang rajin ya!