4 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Telat Ganti Oli Mobil

Oli Mobil – Setiap mobil pastinya sudah diperhitungkan apapun yang terbaik untuk mobil yang diciptakannya, termasuk penggunaan oli seperti apa yang cocok untuknya. Cairan ini memang memiliki manfaat yang penting bagi setiap kendaraan termasuk mobil. Untuk itu pilihlah oli mobil yang berkualitas seperti Top 1 agar performa mobil anda dapat meningkat lebih baik. Untuk mempertahankan performa mobil anda tetap baik, pastikan untuk mengganti oli secara rutin dan berkala. Memang perawatan mobil lebih mahal dibandingkan motor, namun ada beberapa alasan mengapa kita tidak boleh “ngirit” oli, diantaranya:

Oli Mobil
Oli Mobil

1. Mesin menjadi lebih ringan

Salah satu alasan yang pertama, jika menggunakan oli yang baik dapat membuat mesin bekerja lebih ringan. Hal ini dikarenakan cairan tersebut melumasi seluruh komponen mesin, sehingga gesekan yang terjadi menjadi lebih berkurang. Sehingga tarikan mesin tidak sesat dan lebih lancar.

2. Membuat dingin

Mesin mobil, jika kita gunakan terus-menerus pastinya akan mengalami panas. Jika kita tidak menggunakan oli, maka mesin bekerja lebih keras sehingga mesin mudah panas. Dengan menggunakan oli, maka mesin dapat bekerja lebih ringan dan membuatnya tetap dingin meskipun menempuh jarak yang jauh.

3. Terhindar dari gesekan

Seperti yang disebutkan diatas bahwa setiap komponen yang berada di dalam mesin, bekerja secara berputar dan saling berkaitan. Jika tidak dilumasi dengan oli yang tepat, maka setiap komponen tersebut dapat bergesekan dengan keras sehingga membuat mesin cepat rusak. Namun jika kita menggunakan oli, maka komponen  mesin akan bergerak dan bersentuhan dengan lembut sehingga mesin dapat bekerja lebih ringan, dan maksimal.

4. Menghemat bahan bakar

Karena cairan ini dapat membuat mesin tetap dingin meskipun sudah menempuh jarak yang jauh. secara otomatis, bahan bakar pun akan lebih irit. Berbeda dengan mesin yang mudah panas, sehingga mengakibatkan proses penguapan berlangsung lebih cepat alhasil bahan bakar yang digunakan lebih boros.

Itulah beberapa alasan mengapa kita tidak boleh “ngirit” oli. Untuk itu pilihlah oli mobil yang berkualitas seperti Top 1 yang dapat memberikan banyak keuntungan pada mobil anda.