Tips Menghindari Pembayaran Listrik Membengkak

0
88
Pembayaran Listrik
Pembayaran Listrik

Listrik menjadi kebutuhan primer manusia modern saat ini. Tanpa listrik, kita tidak hanya saja tidak bisa bekerja namun juga keseharian kita terganggu seperti tidak bisa mencuci, setrika dan sebagainya. Hanya saja biaya tagihan listrik seringkali membengkak. Berikut beberapa tips menghindari pembayaran listrik membengkak.

1. Matikan lampu yang tidak perlu

Dua lampu pijar 100 watt yang dimatikan selama dua jam per hari dapat menghemat biaya pembayaran listrik Anda secara drastis selama sebulan. Namun akan lebih baik lagi jika semua lampu di rumah beralih ke LED.

2. Gunakan cahaya alami

Satu jendela yang menghadap ke selatan dapat menerangi 20 hingga 100 kali luasnya. Atur bagaimana agar ruangan Anda mendapatkan cahaya alami ketimbang harus menyalakan lampu di siang hari. 

3. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan

Daya siaga peralatan elektronik dapat mencapai 10% dari penggunaan listrik tahunan rata-rata rumah tangga. Cabut peralatan elektronik yang tidak digunakan dan rasakan pembayaran listrik yang hemat.

Pembayaran Listrik

4. Singkirkan komputer desktop

Jika Anda masih menggunakan desktop lama yang bongsor, daur ulang dan alihkan ke laptop Anda.  Jika Anda menggunakan laptop dua jam per hari, Anda akan jauh menghemat biaya listrik Anda.

5. Tidak di rumah?  Matikan AC

Matikan AC selama lima jam sehari saat Anda pergi akan memberi efek penghematan yang luar biasa. Beberapa unit AC modern sudah memiliki fitur penghematan, namun mematikannya jauh lebih baik lagi.

6. Daur ulang atau sumbangkan TV tabung

Daur ulang atau sumbangkan TV lama Anda yang masih berbentuk tabung dan beralihlah ke TV LCD. Jenis TV tersebut lebih hemat daya.

7. Gunakan pengering cuci cucian hanya di cuaca mendung atau hujan

Memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan cucian Anda jelas akan menghemat energi listrik dari mesin cuci Anda. Gunakan pengering hanya di hari hujan saja akan membantu menghemat pembayaran listrik Anda. Selain itu, cuci sekaligus dalam jumlah banyak agar listrik digunakan dalam sekali pakai dapat lebih bermanfaat.

8. Gunakan microwave lebih baik

Ini bisa dilakukan oleh Anda yang gemar memasak. Sebuah microwave membutuhkan waktu 15 menit untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan 1 jam dalam oven listrik. Gunakan microwave alih-alih oven Anda 4 kali seminggu dan Anda akan jauh lebih berhemat.

9. Gunakan Listrik Pulsa

Penggunaan pulsa listrik dapat membantu Anda untuk mengontrol penggunaan listrik. Hanya saja tentu Anda juga perlu melakukan 8 poin di atas. Jika tidak, maka pulsa listrik Anda juga akan cepat habis dan juga biaya listrik Anda akan tetap mahal setiap bulannya.

10. Bayar Listrik Anda tepat waktu

Apabila Anda masih menggunakan listrik pascabayar, maka bayarlah tagihan pembayaran listrik tepat waktu jelas akan membuat Anda terhindar dari denda yang merugikan. Jika tidak, Anda tentu akan membayar lebih dari biaya yang seharusnya.

Bagaimana? Sebenarnya mudah bukan cara untuk menghemat biaya listrik sehingga tidak ada pembayaran listrik yang membengkak? Tentu kita harus melakukannya secara rutin sehingga efek positifnya bisa kita rasakan setiap bulannya. Namun untuk poin terakhir tentu saja kita perlu mengandalkan cara pembayaran yang efisien dan efektif.

Untuk menghindari pembayaran listrik yang membengkak akibat denda karena telat pembayarannya, Anda bisa menggunakan SiMobiPlus. Aplikasi perbankan serba bisa dari Bank Sinarmas ini bisa menjadi andalan untukmu dalam melakukan pembayaran. Anda bisa mengunduhnya di PlayStore maupun AppStore secara gratis.