Cara Menyembuhkan Alergi Akibat Alergi Dingin

Pastinya sebagian orang akan merasakan gatal ketika terpapar hawa dingin. Ada yang merasakan gatal yang hebat, ada juga yang gatalnya hanya sementara. Kejadian ini lumrah dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak ketika mereka memiliki riwayat alergi dingin. Banyak cara menyembuhkan alergi dingin, namun bagaimana cara mengatasi rasa gatalnya? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab gatal pada alergi dingin

Kebanyakan penyebab gatal atau biduran karena alergi dingin memang belum diketahui pasti. Namun, ada beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang rawan terkena masalah pada kesehatan tubuh, diantaranya:

  • Faktor genetic: yang membuat tubuh mengeluarkan protein peradangan ketika kulit kedinginan. 
  • Faktor keturunan
  • Efek samping obat tertentu
  • Punya riwayat alergi

Kebanyakan, orang yang mengalami gatal karena alergi dingin tidak ada masalah ketika mengkonsumsi sesuatu yang dingin seperti es. Hal ini disebabkan karena kondisi pita kapiler di kulit lebih sensitif menghadapi perubahan suhu daripada pada jaringan mulut. 

Cara mengetahui kondisi gatal akibat dingin atau sebab lainnya

cara menyembuhkan alergi

Jika Anda ingin mengetahui penyebab gatal-gatal yang tidak biasa di tubuh, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis alergi atau kulit secara langsung. Sebelum dokter mendiagnosis pasien, dokter akan menanyai Anda perihal gatal-gatal yang dirasakan. 

Setelah itu, dokter akan mulai menguji kondisi kulit untuk mengetahui reaksinya terhadap hawa dingin dengan es batu. Anda akan diberi sebuah kantong plastik berisi es batu. Sebuah kantong plastic berisi es batu akan ditempelkan di kulit. Biasanya, tempat tesnya yaitu pada kulit lengan bagian dalam atau kulit lain yang rawan alergi dingin. 

Beberapa orang yang memiliki alergi dingin biasanya akan merasa gatal-gatal atau muncul biduran setelah kulitnya ditempeli kantong es batu ini. 

Cara mengatasi gatal akibat alergi hawa dingin

Saat seseorang merasakan gatal akibat alergi, tentu saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Hal ini berlaku pada anak-anak maupun orang dewasa. Seringkali aktivitas terganggu akibat kondisi ini. Ada beberapa cara menyembuhkan alergi dingin dan juga rasa gatalnya. Beberapa cara ini dilakukan agar gejala ini tak mudah kambuh sewaktu-waktu. Berikut beberapa caranya:

  1. Yang paling penting yaitu Anda harus mampu menghindari pemicu alergi. Misalnya saat cuaca dingin, Anda harus menyiapkan pakaian yang hangat dan rapat. Anda bisa mengenakan pakaian berlapis dengan sarung tangan dan kaos kaki ketika sedang bepergian di tempat yang dingin. Anda juga bisa mandi dengan air hangat ketika cuaca sedang dingin. Biasanya, orang yang memiliki riwayat alergi akan merasa nyaman ketika menghindari sumber alergi atau allergen. 
  2. Jika rasa gatal dan biduran sudah tidak bisa ditahan atau Anda benar-benar tidak bisa menghindari sumber alergi, Anda bisa berkonsultasi pada dokter dengan meminta resep obat anti alergi pada dokter. 

Kondisi gatal dan biduran pada saat alergi dingin ini biasanya bersifat sementara. Hanay pada saat kondisi-kondisi tertentu saja. Misalnya, suhu udara sedang sangat dingin atau kondisi imunitas tubuh menurun. 

Masalah kesehatan ini juga bisa muncul selama beberapa bulan atau tahun. Lalu penyakit ini bisa sembuh sendiri. Tapi, ada juga yang mengalami kondisi ini seumur hidup. 

Maka dari itu, pastikan Anda waspada dan segera membawa penderita ke rumah sakit jika gatal dan biduran karena alergi dingin ini sampai parah. Selain itu, pastikan asupan nutrisi anak tercukupi jika anak menderita alergi ini. Cukupi nutrisinya dengan mengkonsumsi susu dari Nutricia. 

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi rasa gatal pada alergi dingin. Semoga membantu.