Ketahui 3 Jenis Mutiara Yang Memiliki Harga Mahal

0
252
Perhiasan Mutiara
Perhiasan Mutiara

Mutiara merupakan salah jenis hasil laut yang sering digunakan sebagai perhiasan. Apalagi mutiara memiliki nilai jual yang relative tinggi. Namun itu bergantung pada jenis mutiara yang digunakan. Beberapa jenis perhiasan mutiara bahkan memiliki nilai historis tinggi sehingga membuat harganya juga meninggi setara sampai miliaran rupiah.

Banyak sekali macam perhiasan mutiara di pasaran. Mulai dari harga ribuan sampai dengan ratusan juta rupiah. Tentu saja, ada harga ada kualitas. Semakin mahal harganya maka kualitas mutiara tersebut semakin bagus. Tapi, ada beberapa jenis mutiara di dunia yang bisa dikatakan sebagai mutiara termahal. Mutiara-mutiara tersebut dihasilkan dari tiram yang berkualitas. Apa saja jenis mutiaranya?

3 Jenis Mutiara Termahal Di Dunia

Perhiasan Mutiara
Perhiasan Mutiara

Perlu diketahui, mutiara dihasilkan dari tiram yang dibudidayakan oleh manusia dan tumbuh secara alami. Nah, yang tumbuh secara alami ini memiliki harga yang lebih mahal. Karena langkanya kesediaan di alam. Selain itu, cahaya yang dipantulkan dari mutiara ketika terkena cahaya juga turut menjadi andil terhadap harga mutiara tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan jenis mutiara yang memiliki harga termahal di dunia.

  1. Mutiara black pearl

Seperti namanya, mutiara ini memiliki warna hitam dan gelap. Mutiara black pearl akan menghasilkan perpaduan warna yang indah jika terkena cahaya. Yaitu warna biru, coklat, hijau gelap, hitam, dan abu-abu. Mutiara ini lebih terkenal dihasilkan dari wilayah perairan Tahiti yang berasal dari tiram Pinctada Margiritafera. Ukuranya juga lebih besar dibandingkan dengan mutiara lainnya. Sekitar 5 mm sampai 12 mm. Oleh karena itu, harga mutiara black pearl bisa mencapai puluhan juta jika sudah menjadi kalung.

  1. Mutiara South Sea Pearl

Mutiara South Sea Pearl dihasilkan dari pantai utara Australia. Jenis tiram Pinctada Maxima atau jenis silver lipped Oister yang bisa menghasilkan jenis mutiara ini. Salah satu faktor yang membuat mutiara ini mahal adalah bentuknya yang hampir bulat sempurna seperti tetesan air. Mutiara south sea pearl biasanya berukuran 9 sampai 17 mm dan tergolong jenis baroque. Bagi yang pertama melihatnya akan langsung terpukau dengan mutiara south sea pearl. Karena kilauan warna putih keemasannya sangat indah.

Selain itu, mutiara ini akan mengeluarkan warna-warna yang indah ketika terkena cahaya. Biasanya warna-warna tersebut perpaduan dari hijau, merah, perak, dan biru yang indah. Satu gram dari mutiara south sea pearl dihargai sebesar 16 sampai 18 dolar USA. Namun jika sudah menjadi kalung, harganya akan berkisar sampai puluhan juta rupiah.

  1. Mutiara Akoya Pearl

Seperti namanya, mutiara ini mudah ditemukan di Negara Jepang, serta sebagian wilayah Cina dan Korea. Mutiara akoya terkenal sebagai mutiara yang classic. Mutiara ini dibentuk dari tiram pinctada fucata. Dimasukkan ke dalam mutiara termahal di dunia karena memiliki warna yang menarik. Biasanya mutiara akoya memiliki warna rose, silver, dan abu-abu. Ketika terkena cahaya menghasilkan warna yang begitu indah dan tidak kalah dengan mutiara lainnya. Sedangkan warna yang dihasilkan adalah biru, pink, dan emas.

Itulah 3 jenis mutiara yang memiliki harga termahal di dunia. Dan jika dijadikan menjadi perhiasan mutiara, maka harganya bisa menjadi fantastik. Jenis mutiara di atas dihasilkan dari tiram yang tumbuh secara alami, oleh karena itu harganya lebih mahal. Namun ketika akan membeli mutiara dituntut untuk lebih hati-hati. Pasalnya ada beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab sering menipu. Untuk itu perlu pengetahuan tentang ciri-ciri mutiara yang berkualitas. Semoga brmanfaat.