Jenis Bahan Bangunan yang Penting dalam Konstruksi

0
135
jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Ada banyak macam bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi seperti beton, baja, kayu dan semen. Setiap jenis bahan bangunan memiliki sifat yang berbeda seperti berat, kekuatan, daya tahan dan biaya yang membuatnya cocok untuk jenis aplikasi tertentu. Pilihan bahan untuk konstruksi didasarkan pada biaya dan efektivitas untuk menahan beban dan tekanan yang bekerja pada struktur. Sebagai seorang insinyur struktural, Anda yang bekerja dengan klien dalam memutuskan jenis bahan yang digunakan dalam setiap proyek tergantung pada ukuran dan penggunaan bangunan.

Pembuatan bahan bangunan adalah industri terstandar yang mampu menyediakan pasokan bahan berkualitas tinggi yang dapat diandalkan untuk struktur bangunan. Produksi bahan bangunan kelas struktural tunduk pada prosedur kontrol kualitas yang melibatkan inspeksi serta pengujian sesuai dengan standar nasional dan metode pengujian ilmiah.

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Bagian dari tanggung jawab insinyur struktural adalah menyiapkan spesifikasi proyek termasuk semua bahan bangunan dan standar yang berlaku serta ketentuan untuk dipatuhi. Ini adalah bagian penting dari proyek apa pun untuk menentukan kualitas dan sifat bahan yang akan digunakan.

Jenis bahan bangunan umumnya dapat dibagi menjadi dua kategori: Bahan bangunan alami seperti batu dan kayu, dan bahan bangunan buatan manusia seperti semen dan baja. Kedua kategori ini biasanya memerlukan tingkat persiapan atau pengolahan tertentu sebelum digunakan dalam aplikasi struktural. Dan kali ini kita membahas beton dengan bahan utama semen yang merupakan bahan paling penting dalam proyek konstruksi.

Beton adalah material komposit yang terbuat dari campuran semen, bahan alam seperti pasir dan batu kecil serta air. Sifat-sifat beton tergantung pada rasio yang digunakan dalam campuran. Oleh karena itu, ini merupakan praktik standar dalam pembuatan beton untuk memberikan sifat material dan hasil pengujian untuk setiap beton.

Campuran semen dan jenis bahan bangunan lain dapat dituangkan ke dalam suatu wadah untuk mengambil bentuk apa pun dan membutuhkan waktu untuk mengeras serta menjadi bahan seperti batu. Diperlukan waktu hingga 7 hari bagi beton untuk mencapai kekuatannya yang terbesar dan akan membutuhkan perhatian khusus agar tidak terjadi retak atau berkurangnya kapasitas. Beton sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kombinasi kekuatan dan daya tahan. 

Dan kunci untuk membuat beton terbaik adalah dengan menggunakan semen terbaik yang bernama Semen Tiga Roda. Semen Tiga Roda adalah salah satu produk dari PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Jadi Gunakan selalu Semen Tiga Roda untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam proses konstruksi anda.