Cermati Sebelum Klaim Asuransi All Risk

0
22
asuransi all risk

Hampir semua orang melakukan kesalahan saat memilih asuransi all risk, mereka beranggapan bahwa asuransi tersebut sudah mengcover berbagai macam risiko-risiko yang akan dialami oleh mobil Anda

Sebelum Anda membeli produk asuransi all risk, ada baiknya bila Anda mengetahui secara dalam mengenai asuransi kendaraan pribadi khususnya mobil tersebut. Jangan sampai Anda tergiur dengan  penawaran-penawaran yang biasa ditawarkan oleh pihak asuransi, tanpa mengetahui hal-hal apa saja yang ada didalamnya.

Hampir semua orang melakukan kesalahan saat memilih asuransi all risk, mereka beranggapan bahwa asuransi tersebut sudah mengcover berbagai macam risiko-risiko yang akan dialami oleh mobil Anda, diantaranya seperti:

asuransi all risk
asuransi all risk
  1. Pastikan asuransi tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda, agar tidak berat pada preminya yang mahal.
  2. Selalu bandingkan premi antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya, agar tidak menjadi beban biaya Anda tiap bulannya.
  3. Pastikan bahwa produk asuransi yang Anda beli benar-benar memberikan manfaat.
  4. Kesalahan yang lumayan fatal adalah menyamakan asuransi sebagai produk investasi dan berharap ketika tidak ada klaim, uangnya bisa balik.

Adapun kesalahan penilaian orang terhadap asuransi yang satu ini adalah:

  • Asuransi all risk dapat menjadi nilai tambah saat menjual kendaraan

Jangan pernah mempunyai anggapan seperti ini, karena pada dasarnya asuransi tidak dapat dipindahtangankan. Apabila mobil tersebut dijual, maka polis asuransinya akan batal dengan sendirinya. Oleh karena itu langkah yang harus Anda lakukan adalah melapor ke perusahaan asuransi untuk membatalkan polis. Atau Anda dapat menegosiasikan refund premi jika selama mobil itu diasuransikan belum pernah mengajukan klaim.

  • Punya produk asuransi all risk lebih dari satu biar bisa dobel klaim

Pemikiran seperti ini adalah pemikiran yang sia-sia, karena walau Anda punya dua asuransi, tapi tak akan bisa klaim terhadap objek pertanggungan yang sama.

  • Premi asuransi mobil bekas lebih murah dari mobil baru

Tidak akan ada bedanya rate premi atas mobil bekas ataupun mobil baru. Karena pihak asuransi jarang menetapkan rate premi asuransi berdasarkan status objek pertanggung itu mobil baru atau bekas. Rate harga pasar berdasarkan situasi dan kondisi yang berlaku terkini yang akan menjadi ketetapan oleh perusahaan.

  • Jaminan hukum pada pihak ketiga otomatis masuk asuransi all risk

Banyak orang berpikiran bahwa jaminan hukum terhadap pihak ketiga otomatis masuk asuransi all risk. Namun pada kenyataannya tidak demikian. Apabila Anda ingin mendapat hal-hal tersebut, maka Anda harus mengajukan jaminan perluasan polis. Jangan sampai menjadi kesalahan yang fatal dengan menganggap asuransi all risk secara otomatis menanggung kerugian terhadap pihak ketiga.

Demikianlah beberapa kesalahan yang harus Anda cermati sebelum membeli asuransi all risk. Dan selalu pastikan untuk membeli produk asuransi tersebut hanya di Autocillin, karena hanya Autocillin yang dapat membantu Anda melengkapi kenyamanan bersama mobil tercinta.