Mengetahui Sekilas Tentang UI yang Merupakan Best University in Indonesia

Universitas terbaik di Indonesia atau best university in Indonesia menjadi salah satu acuan bagi para mahasiswa yang ingin menempuh jenjang pendidikan tinggi. Memilih dan menemukan universitas terbaik tentu tidak mudah, banyak pertimbangan yang harus ditentukan untuk memenuhi kriteria tersebut. 

Para mahasiswa di Indonesia tentu sudah tidak asing dengan UI (Universitas Indonesia) yang menjadi salah satu Institusi perguruan tinggi yang sangat diminati. Menjadikan UI sebagai salah satu best university in Indonesia yang sering dijadikan universitas impian dan tujuan tinggi dalam menempuh pendidikan. 

best university in Indonesia

Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, UI memiliki beberapa fasilitas yang menjadi poin tambahan sebagai universitas impian, diantaranya tempat pagelaran seni dan budaya bagi sivitas akademika Ui di gedung makara art center, fasilitas sarana olahraga dan juga tempat kegiatan lain yang bisa digunakan oleh masyarakat umum di IFC (Integrated Faculty Club), ada juga perpustakaan, asrama, bus kampus, sepeda kampus, hingga sarana kegiatan mahasiswa yang bisa digunakan bagi para mahasiswa disana. 

Selain fasilitas lengkap yang dimiliki UI, institusi pendidikan tinggi tersebut juga memiliki kemahasiswaan atau kegiatan mahasiswa dengan beberapa unit organisasi bertujuan untuk menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan minat juga bakat yang mereka miliki. Unit kemahasiswaan tersebut diantaranya berbasis di bidang seni, olahraga, bela diri, keagamaan, kewirausahaan, keilmuan studi dan media, hingga bagi mereka para pecinta alam. 

Sejak tahun 2008 hingga saat ini, UI memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Dengan memperoleh peringkat pertama di Indonesia juga 534 peringkat dunia oleh SIR 2022, membuktikan bahwa UI telah memberi wadah yang baik bagi para mahasiswa hingga lulusan yang menjanjikan. Bahkan, Jenjang pendidikan yang dimiliki UI memiliki tingkat acuan kualifikasi nasional Indonesia sebagai program studinya. 

Menjadi universitas terbaik tentunya membuat penerimaan mahasiswa di UI sangat ketat. Dengan tingkat kesulitan yang sangat kompetitif dan persaingan yang luas. Hanya sekitar 5% mahasiswa baru yang akan diterima UI setiap tahunnya dari seratus ribu pendaftar. 

Program studi yang ditawarkan UI mencangkup program sarjana, program pendidikan pascasarjana, program pendidikan vokasi, hingga kelas internasional.

Memfasilitasi dan memberi wadah bagi para mahasiswa dengan program-program tersebut tentu membuat institusi pendidikan tinggi tersebut berhasil meluluskan banyak alumni berbakat dan berwawasan yang bisa menjadi motivasi bagi para mahasiswa lain dalam meraih mimpi yang sama. 

Prospek kerja yang diberikan UI juga sangat menjanjikan, kampus ini banyak meluluskan mahasiswa yang langsung mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Bagi mereka yang ingin langsung bekerja, bisa mengambil program vokasi dimana lulusannya mendapatkan sertifikasi kompetensi profesi yang mempermudah mereka dalam mendapat pekerjaan dengan minat dan keahlian yang telah dikembangkan selama menempuh program pendidikan tersebut. 

Bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi juga bisa memilih program studi magister atau pascasarjana di UI yang menyediakan banyak sekali program studi dengan banyak fakultas yang melengkapi segala fasilitas hingga pembelajaran terbaik. 

Sebagai universitas terfavorit tidak diragukan lagi kenapa UI menjadi best university in Indonesia karena selain kualitas pendidikan yang sangat baik persaingan untuk masuk ke universitas ini sangat luas, dimana UI bisa menjadi salah satu pilar utama pendidikan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran berkualitas hingga lulusannya mampu memasuki kancah kompetisi global.