Perlu Anda Ketahui Tentang Warna Unique Diamond Jewellery

Warna berlian mengacu pada seberapa jelas atau cerahnya berlian itu. Secara umum, berlian sebagai unique diamond jewellery dari The Palace berkualitas tinggi sama sekali tidak berwarna, sedangkan berlian berkualitas rendah seringkali memiliki sedikit warna kuning. 

Warna berlian diukur menggunakan Gemological Institute of America, atau skala warna GIA yang dimulai dari D (tidak berwarna) hingga Z (berwarna kuning muda atau coklat). 

Antara D dan Z (rentang warna normal), ada banyak tingkatan warna berlian, mulai dari hampir tidak berwarna hingga sedikit kuning. 

Saat Anda mencari berlian untuk dibeli, warna berlian adalah salah satu aspek dari proses pembelian yang tidak boleh Anda abaikan. Berlian dapat sangat bervariasi dalam harga berdasarkan warnanya, yang berarti bahwa memilih warna yang tepat untuk kebutuhan spesifik Anda dapat membantu Anda menghemat banyak uang tanpa mempengaruhi penampilan cincin tunangan Anda. 

Semakin tidak berwarna berlian, umumnya semakin bersinar, berharga, dan langka juga. Berlian tak berwarna pasti langka dan peringkatnya jauh lebih tinggi pada skala penilaian warna daripada berlian yang bahkan memiliki sentuhan kuning paling lembut. 

Apa Warna Terbaik untuk Berlian? 

unique diamond jewellery

Kelas warna berlian terbaik adalah warna D. Ini berarti berlian benar-benar jernih tanpa warna kuning (atau apa pun) di dalamnya. Warna terbaik untuk berlian yang akan Anda masukkan ke dalam cincin pertunangan Anda bukan D. Anda dapat menempatkan berlian warna G, H atau I di sebuah cincin dan itu akan terlihat sama dengan biaya yang jauh lebih murah. Biaya warna berlian antar tingkatan 

Jika Anda memilih setelan kuning atau emas mawar, ada kemungkinan besar bahwa warna setelan akan memberikan tampilan yang identik pada kedua berlian, meniadakan nilai warna yang lebih tinggi. 

Perbedaan harga antara kedua berlian ini bisa mencapai belasan hingga puluhan juta— uang yang dapat Anda belanjakan untuk mendapatkan berat karat yang lebih besar, pengaturan yang indah, atau sekadar menabung untuk pernikahan dan bulan madu Anda. 

Beberapa Pertimbangan Saat Memilih Warna Kalung Berlian

Secara keseluruhan, warna terbaik untuk berlian adalah warna yang paling sesuai dengan selera dan preferensi pribadi Anda, bentuk berlian, logam yang digunakan untuk pengaturan dan anggaran Anda. Dan ada beberapa poin penting saat memilih berlian berdasarkan warnanya.

  • Tidak Perlu Menjadi Ahli Berlian

Pertama, Anda tidak perlu ahli dalam warna berlian untuk memilih berlian yang bagus. Meskipun kami telah membahas dasar-dasar warna berlian di bawah ini, kami juga memberikan rekomendasi kami sendiri, yang dapat Anda gunakan untuk membatasi pencarian Anda pada berlian dengan warna yang dapat diterima untuk bentuk dan jenis pengaturan pilihan Anda. 

Perbedaan Warna Tidak Mencolok

Kedua, perbedaan antara satu tingkat warna dan tingkat lainnya (misalnya, berlian warna G dan berlian warna H) sangat kecil, sedemikian rupa sehingga sebagian besar tidak mungkin untuk dilihat dengan mata telanjang. Namun, perbedaan antara satu tingkat warna dan yang lain yaitu tiga atau empat di atas atau di bawahnya (misalnya, berlian warna G dan berlian warna K) sering kali mudah terlihat saat berlian berdampingan, terutama di bawah cahaya terang dan dengan pembesaran. 

Tidak Harus yang Terbaik

Seperti semua hal lain yang berkaitan dengan membeli berlian, tidak perlu memilih tingkat warna terbaik. Kecuali Anda memiliki anggaran yang besar, membeli berlian warna D tidak diperlukan ketika berlian warna G, H atau bahkan I yang dipotong dengan baik akan terlihat sama bagusnya setelah dipasang di cincin dan dikenakan di jari calon tunangan Anda. 

Bentuk dan Jenis Berkaitan dengan Warna

Bentuk berlian dan jenis logam yang Anda pilih untuk pengaturan keduanya mempengaruhi tingkat warna mana yang terbaik. Misalnya, potongan bundar yang cemerlang sangat bagus dalam menyembunyikan warna, sedangkan potongan zamrud tidak. 

Ini berarti Anda harus memilih tingkat warna yang sesuai untuk bentuk berlian. Dalam hal logam, beberapa, seperti emas kuning dan emas mawar, dapat menyembunyikan warna kuning samar dari berlian kelas bawah lebih baik daripada platinum dan emas putih. 

Sama seperti kualitas potongan, kejernihan, dan berat karat, warna adalah salah satu bagian penting yang perlu diingat saat Anda berbelanja berlian. Untuk mendapatkan nilai terbaik saat membeli berlian, penting untuk menyeimbangkan warna dengan tiga C lainnya. 

Itulah yang perlu Anda ketahui tentang warna dari berlian. Unique diamond jewellery memang harus diamati betul-betul saat dibeli agar Anda tidak menyesal.