Cara Merawat Anak Anjing yang Baru Dilahirkan Dengan Tepat

Pada dasarnya, setiap induk anjing akan memberikan perawatan yang dibutuhkan oleh anak-anaknya. Namun, tidak sedikit pula kasus induk anjing telah “menolak” anaknya, induk tidak dapat menghasilkan cukup air susu, atau dipisahkan karena alasan tertentu, maka disinilah Anda sebagai majikan harus mengambil peran penting tersebut. Jika Anda belum mengetahui cara merawat anak anjing yang baru dilahirkan, berikut beberapa tips yang perlu diketahui.

Pilih Tempat yang Tepat

Cara merawat anak anjing yang baru dilahirkan bisa diawali dengan menyiapkan tempat tinggal yang bersih, aman, dan nyaman. Anak anjing yang baru lahir sudah tentu akan menghabiskan beberapa minggu pertamanya di dalam kotak atau kandang tempat mereka dilahirkan. Jadi, penting untuk memilih tempat tinggalnya dengan baik dan tepat. 

Tempat tinggal anak anjing harus menyediakan ruang yang cukup bagi induknya. Hal tersebut dimaksudkan agar sang induk dapat berbaring dengan nyaman, tanpa mengganggu kenyamanan anak-anaknya. Tempat tersebut juga harus bisa memberikan akses keluar masuk sang induk dengan bebas sambil tetap dapat menjadi “blokade” anaknya agar tidak keluar. 

Sekitar akhir minggu kedua, anak anjing mulai bisa membuka mata dan mulai aktif. Anda bisa memindahkannya ke kandang yang lebih besar dengan ruang bermain.

Cara Merawat Anak Anjing

Kehangatan

Kehangatan tubuh anak anjing juga tidak boleh luput dari perhatian. Anak anjing yang baru dilahirkan belum dapat mengatur suhu tubuhnya dan harus dilindungi dari angin atau udara dingin. 

Meskipun anak anjing akan mengeram pada tubuh induknya agar mendapat kehangatan, tapi Anda perlu menyediakan alternatif lainnya. Misalnya, menggunakan lampu penghangat selama bulan pertama usianya.

Lampu tersebut ditempatkan cukup tinggi di atas kandang, untuk mencegah risiko induk atau anak anjing menyentuh lampu tersebut.

Selain itu, diperlukan juga sudut atau area yang lebih dingin yang dapat dilalui anak anjing jika kandangnya terlalu panas. Selama lima hari pertama, suhu di dalam kandang perlu dijaga sekitar 29 hingga 32 derajat Celcius. 

Pastikan Asupan Gizinya Terpenuhi

Susu induk anjing menyediakan semua yang dibutuhkan anak anjing selama empat minggu pertama kehidupannya. Jika Anda mengasuh anak anjing tanpa induk, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai panduan tentang cara untuk memberikan susu botol pada anak anjing yang baru dilahirkan.

Jangan lupa, pastikan penuhi juga nutrisinya, ya! Anda bisa membeli produk dari Royal Canin yang diformulasikan untuk anak anjing dengan kandungan seimbang dan tekstur yang mudah dimakan dan dicerna.