Penuhi Nutrisi Tumbuh Kembang Anak Dengan Makan Ini

0
25
nutrisi tumbuh kembang anak
nutrisi tumbuh kembang anak

Nutrisi merupakan zat yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan. Tidak hanya bertanggung jawab terhadap pembentukan sistem pertahanan tubuh, nutrisi juga bertanggung jawab pada perkembangan sel-sel jaringan dan orang penting lainnya. Nutrisi tumbuh kembang anak sangat diperlukan untuk bisa mencapai fase-fase pertumbuhan sesuai dengan usia mereka. Pemenuhan nutrisi ini tentu didapatkan dari asupan makan yang mereka makan. Namun, Anda juga harus paham poin penting dalam memberikan makan yaitu bukan sekedang mengenyangkan namun harus padat nutrisi.

Kebutuhan Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

nutrisi tumbuh kembang anak

Di bawah ini merupakan beberapa jenis kebutuhan nutrisi yang wajib diberikan kepada anak yang sedang dalam prose tumbuh kembang.

Karbohidrat

Pastikan Anda memberikan asupan karbohidrat yang cukup untuk anak-anak agar mendapatkan energi untuk beraktivitas. Karbohidrat juga ikut berperan dalam menjalankan metabolism tubuh dan membantu kerja sel-sel otak. 

Selain dapat memberikan energi, karbohidrat juga memiliki fungsi lainnya seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat menghindari terjadinya pembekuan darah. Makanan yang tinggi akan kandungan karbohidrat diantaranya seperti nasi, kentang, jagung, ubi, roti gandum dan kacang-kacangan.

Protein

Agar sel-sel dalam tubuh terjaga dengan baik maka anak harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Semakin banyak sel-sel yang sehat maka akan semakin cepat proses penyembuhan pada jaringan tubuh yang rusak.

Protein yang masuk kedalam tubuh akan diubah pula menjadi asam amino yang mana fungsi asam amino adalah untuk membangun jaringan baru pada tubuh. Protein bisa diperoleh dari hewani atau nabati. Jenis protein hewani yang bisa konsumsi yaitu telur, ikan, susu, daging dan keju. Sedangkan untuk protein nabati terdapat pada kacang-kacangan, tempe, tahu atau juga gandum.

Serat

Serat juga menjadi kebutuhan nutrisi yang penting untuk anak-anak karena baik untuk sistem pencernaan. Kebutuhan serat itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu serat yang larut air dan serat tidak larut air. Sumber makan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan serat larut air diantaranya adalah kacang merah, brokoli, wortel, jeruk, oat, ubi dan apel.

Vitamin & Mineral

Kebutuhan nutrisi lainnya yang tidak boleh luput dari perhatian Anda yaitu vitamin dan mineral. Kedua berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, menjaga sel agar tetap sehat serta membantu proses perkembangan jaringan. 

Pastikan Anda memberikan buah dan sayur beragam kepada anak-anak karena siap warna buah dan sayur memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Vitamin A biasanya bisa Anda temukan pada buah-buahan yang memiliki warna merah atau cerah. Untuk mendapatkan kandungan vitamin C Anda bisa memberikan buah berry atau jeruk kepada anak-anak.

Zat Besi

Zat besi merupakan zat yang diperlukan oleh sel darah merah yang mana sel darah merah tersebut akan membawa oksigen untuk dialirkan ke otak. Jika kebutuhan zat besi anak tercukupi maka otak akan berfungsi dengan baik seperti lebih mudah mengingat informasi dan juga lebih mudah untuk konsentrasi.

Kekurangan zat besi juga akan membuat anak-anak malas untuk bermain atau beraktifitas. Hal ini dikarenakan pasokan oksigen yang tidak maksimal sehingga tubuh akan menjadi lebih lemas. 

Demikian informasi mengenai nutrisi apa saja yang perlu diberikan kepada anak-anak. Untuk memudahkan Anda dalam mencukupi nutrisi anak maka bisa dilakukan dengan memberikan susu untuk pertumbuhan salah satunya adalah susu nutricia. Kandungan nutrisi pada susu pertumbuhan bisa dikatakan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan usia anak. Selain itu, cara penyajian dan mengkonsumsi yang mudah membuat susu pendamping layak untuk dipertimbangkan.