5 Tips Inspirasi Ruang Tamu Minimalis

Memiliki rumah minimalis dengan lahan terbatas, tentu saja membuat Anda harus pintar-pintar dalam menata ruangan. Ada banyak inspirasi ruang tamu untuk memperindah ruangan Anda biar tetap terasa lega, meski keadaannya tidak begitu luas. Tinggal penataan saja yang harus disesuaikan agar hal ini bisa terasa nyaman.

Desain ruang tamu untuk rumah minimalis membutuhkan desain yang pas dan elemen interior, seperti bentuk perabot, pencahayaan, pewarnaan ruangan dan sebagainya.

Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

desain ruang tamu
desain ruang tamu

Seperti layaknya ruang tamu dengan ukuran besar dan sedang, desain ruang tamu minimalis Anda juga bisa dibuat lapang dan nyaman. Tentu saja hal ini membutuhkan penataan yang tepat dan sedikit trik agar ruangan terlihat luas.

Berikut ada beberapa inspirasi ruang tamu minimalis agar terlihat lapang.

Bermain warna

Dalam menata ruang tamu yang memiliki ukuran kecil, perlu warna yang tepat agar terlihat luas. Beberapa warna memang memberikan dampak ini, sedangkan sebagian lain malah membuat ruang terasa sempit. Bahkan jika hal itu diaplikasikan pada ruangan sedang.

Anda bisa bermain dengan warna untuk membuat ruangan agar terlihat luas. Terutama jika menggunakan warna-warna cerah. Ini bukan hanya berlaku pada dinding ruangan saja, tetapi perabot, lantai dan peralatannya.

Warna cerah yang bisa Anda gunakan di ruang tamu minimalis ini seperti warna putih, pastel, abu muda dan krem. 

Warna-warna ini mampu memantulkan cahaya sehingga memberikan efek lapang, elegan dan terutama nyaman.

Gunakan cermin

Penggunaan cermin di ruangan sempit agar terlihat lapang sudah digunakan sejak lama. Karena benda ini mampu memberi efek memantulkan, sehingga ruangan tampak luas.

Anda bisa memilih kaca dengan bingkai yang indah agar terlihat tampak cantik saat dipajang. 

Perlu diketahui, penggunaan cermin tidak bisa diletakkan sembarangan. Namun, harus ditempatkan pada titik-titik strategis tertentu. Baik itu untuk ukuran cermin kecil dan besar. 

Misalnya saja, Anda bisa meletakan cermin di dekat sumber cahaya atau ruangan yang penuh cahaya. Bagi Anda yang memiliki ruangan dengan ornamen jendela, sebaiknya letakkan cermin berseberangan dengan jendela.

Perabot yang effortless

Contoh perabot yang memiliki sifat effortless untuk diletakkan di ruang tamu agar ruangan terlihat luas adalah jika perabot itu terlihat ringan. Baik jika dilihat dari segi tampilan ataupun beban yang dimiliki benda tersebut.

Ini berlaku juga dengan perabot seperti meja tamu dan sofa. Sebaiknya pilih sofa dengan kaki meja yang tidak tebal. Untuk meja, Anda bisa menggunakan meja kaca yang transparan sehingga lebih atraktif.

Gunakan rak tinggi sebagai pengganti meja kecil di sudut sofa

Mungkin banyak yang berpikir, jika menggunakan lemari tinggi di ruangan kecil malah membuat ruangan terasa sesak. Padahal, hal itu sama sekali salah.

Penggunaan lemari tinggi juga mengisi teknik bidang vertikal. Lagi pula, Anda bisa meletakan banyak pernak pernik di sana. Daripada menambah meja kecil untuk meletakan hal tersebut. Entah itu foto atau sekedar hiasan ruangan belaka.

Jaga kebersihan

Entah ruangan luas, terutama kecil, kerapian dan kebersihan harus selalu dijaga.

Rumah yang berantakan selalu memberikan efek sesak dan pengap. Apalagi jika ruangan yang kamu miliki sudah memang kecil.

Untuk memudahkan, sebaiknya saat desain ruang tamu, hendaknya tata dengan cara memudahkan untuk membersihkan dan merapikan. 

Demikian beberapa tips inspirasi ruang tamu yang bisa Anda pertimbangkan jika memiliki ruangan yang minimalis. Semoga bermanfaat.