Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kartu ATM

Kartu anjungan tunai mandiri atau kartu ATM merupakan suatu kartu yang dapat digunakan sebagai media pembayaran bagi seseorang dalam melakukan transaksi. Kartu ini dikeluarkan oleh pihak bank sebagai fasilitas tambahan bagi para nasabah dari pihak bank seperti pada Bank Sinarmas.

Dengan adanya kartu pembayaran tersebut nasabah dapat melakukan transaksi dengan sistem pembayaran melalui mesin pembayaran. Lalu, apa sajakah keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan kartu yang satu ini? Apa sajakah langkah yang perlu dilakukan nasabah untuk membuat kartu pembayaran tersebut? Simak penjelasan berikut ini

Apa Sajakah Keuntungan dari  Penggunaan Kartu ATM?

kartu ATM
kartu ATM

Beberapa keuntungan yang akan diperoleh nasabah ketika menggunakan kartu ini, antara lain :

  1. Aman dan nyaman

Uang tunai merupakan alat tukar barang ketika seseorang melakukan transaksi. Namun, dengan adanya mesin ATM atau sistem pembayaran non tunai. Pembayaran transaksi tersebut dapat dilakukan tanpa harus mencairkan atau mengambil uang tunai di bank.

Dengan adanya kartu pembayaran yang satu ini, Anda hanya perlu menyerahkan kartu tersebut kepada kasir kemudian memasukkan pin yang Anda miliki. Setelah itu, transaksi selesai dilaksanakan dan Anda tidak perlu membawa dompet dengan ukuran besar untuk menampung kartu tersebut.

Cukup dengan memasukkannya ke dalam dompet kecil maka Anda bisa membawa sejumlah uang bahkan dalam nominal yang besar kemana saja dengan mudah. Selain itu, penggunaan kartu pembayaran tersebut juga dapat memperkecil adanya risiko pencopetan.

  1. Mudah dibawa

Ukuran ATM card yang tipis dan ringan memberikan keuntungan bagi penggunanya yakni tidak membutuhkan tempat yang banyak ketika akan dibawa bepergian. Seperti yang telah dijelaskan kartu ringan tersebut memang memiliki ketebalan yang tipis namun mampu menampung sejumlah uang dalam nominal yang besar sesuai dengan batas kartu yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

Meskipun mudah untuk dibawa kemana-mana, Anda perlu memastikan untuk meletakkan kartu yang satu ini pada tempat yang aman dan selalu berada di dekat jangkauan Anda.

Hal ini tentunya dilakukan untuk menghindari kartu yang hilang. Apalagi pin kartu yang Anda miliki merupakan nomor urut yang mudah ditebak. Sehingga dikhawatirkan pihak lain bisa membuka akses kartu tersebut dan menggunakannya.

Oleh karena itu, meskipun kecil dan ringan Anda perlu memperhatikan tata letak kartu tersebut ketika berada di dalam dompet ataupun tas. 

  1. Fleksibel

Dengan kondisi fisik kartu ATM card yang ringan tentunya memiliki sifat fleksibilitas yang tinggi. Ketika Anda lupa membawa uang tunai saat berbelanja, ATM card ini dapat menggantikan peran dari uang tunai untuk melakukan pembayaran transaksi yang Anda lakukan.

  1. Kemudahan dalam transaksi

Dalam bertransaksi tentunya seseorang menginginkan kemudahan sehingga proses jual beli yang dilakukan pun berjalan dengan lancar. Hal ini sesuai dengan penggunaan kartu ATM yang mudah diaplikasikan.

Bagaimana Langkah yang Perlu Dilakukan Nasabah untuk Membuat ATM Card?

Dalam pembuatan ATM card, Anda tentunya harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Sistem ini tentunya juga diterapkan oleh Bank Sinarmas sebagai salah satu bank swasta di Indonesia. Setelah Anda memiliki tabungan di bank atau telah melakukan pembukaan rekening bank.

Anda bisa mengajukan kepada customer service untuk pembuatan ATM card. Proses pembuatan kartu tersebut tidak dipungut biaya dan tentunya terdapat beberapa jenis kartu yang didasarkan pada nominal maksimal yang dapat tertampung oleh kartu tersebut.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai ATM card sebagai media pembayaran yang mudah digunakan dan dibawa kemana saja. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat ATM card untuk kemudahan transaksi Anda.