Cara Menyembuhkan Alergi Kulit Pada Anak

Alergi pada kulit anak sering terjadi di masa tumbuh kembangnya. Biasanya reaksi alergi akan segera muncul setelah kontak dengan alergen atau pemicu alergi. Meskipun pada umumnya tidak berbahaya, akan tetapi bisa mengganggu aktivitas keseharian si Kecil. Selain itu, si Kecil yang mengalami alergi cenderung lebih rewel karena merasa gatal dan tidak nyaman. Ada beberapa penyebab alergi pada anak mulai dari makanan, produk perawatan yang tidak tepat, dan lain sebagainya. Agar si Kecil kembali aktif, berikut ini beberapa cara menyembuhkan alergi kulit pada anak yang bisa Anda ikuti:

Kenali Alergi Kulit Pada Anak

Sebelum menentukan perawatan yang tepat, Anda harus mengenal apa itu alergi kulit pada anak. Ketahui apa saja hal-hal yang mungkin menjadi pemicu munculnya reaksi alergi. Beberapa hal yang biasanya menyebabkan alergi pada kulit yaitu seafood, ikan, kedelai, telur, susu, tungau, produk pembersih, dan lain-lain.

Rawat dengan Lembut dan Hati-hati

Setelah mengenali alergi kulit pada anak, selanjutnya Anda bisa melakukan perawatan. Ingat bahwa kulit anak masih sangat sensitif sehingga Anda harus melakukan perawatan dengan hati-hati. Pastikan memilih produk perawatan kulit yang aman untuk kulit sensitif. Jika sedang dalam keadaan alergi, sebaiknya hentikan terlebih dahulu penggunaan produk perawatan pada si Kecil.

Jaga Kebersihan Tangan Si Kecil

Alergi pada kulit biasanya membuat anak merasa gatal. Secara sadar atau tidak sadar mereka akhirnya akan menggaruk bagian yang gatal dengan tangannya. Menggaruk area yang gatal tidak diperbolehkan karena bisa membuat luka hingga berakhir infeksi. Pastikan tangan si Kecil bersih dan kukunya tidak panjang untuk meminimalisir risiko tersebut.

cara menyembuhkan alergi
cara menyembuhkan alergi

Jaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Bukan hanya kebersihan tangan saja, Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Menurut penelitian, 1 dari 6 anak mengalami alergi akibat alergen dalam ruangan. Selalu bersihkan lingkungan dengan mengganti filter saluran udara, menyapu atau mengepel lantai, menghindari bulu, dan lain sebagainya.

Gunakan Air Hangat untuk Mandi

Cara menyembuhkan alergi kulit pada anak selanjutnya yaitu memandikan si Kecil dengan air hangat. Pasalnya air yang hangat bisa membuat kulit alergi si Kecil menjadi lebih tenang dan nyaman. Namun jangan terlalu panas karena dapat merusak lapisan kulit anak. Selain itu, jangan lama-lama saat memandikan si Kecil, paling tidak 3-5 menit saja.

Perhatikan Kelembapan Setelah Mandi

Setelah mandi, Anda perlu memperhatikan kelembapannya. Gunakan handuk yang bersih dan lembut untuk mengeringkan kulit si Kecil. Anda bisa melakukannya pelan-pelan agar si Kecil tidak merasa sakit.

Gunakan Krim atau Obat Alergi

Jika semua hal tersebut sudah Anda lakukan, maka langkah terakhir adalah mengoleskan krim atau obat alergi. Pastikan kulit si Kecil sudah benar-benar kering ketika Anda akan mengoleskannya. Selain itu, pilih krim atau obat alergi yang aman untuk si Kecil. Minta rekomendasi kepada dokter untuk mendapatkan krim atau obat alergi yang tepat.

Itulah beberapa cara menyembuhkan alergi kulit pada anak. Lakukan dengan cermat agar reaksi alergi bisa hilang. Pada umumnya alergi memang tidak bisa disembuhkan dengan obat tertentu. Akan tetapi reaksinya bisa dicegah dengan menghindari sumber alergi atau alergen. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis atau penyebab alergi pada anak.

Sedangkan bagi Anda yang merupakan tenaga kesehatan, cobalah bergabung dengan tim Nutricia Professional. Platform tersebut dibuat untuk para tenaga kesehatan yang ingin menambah ilmu di bidang pediatri dan nutrisi anak. Beberapa fitur tersedia untuk Anda seperti Web Seminar, Expert’s Podcast, E-Module, dan Event Calendar.