5 Profesi Keren Lulusan Sekolah Film

0
27
Sekolah film
Sekolah film

Film merupakan hiburan yang digemari dari segala usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk hiburan anak biasanya lebih banyak didominasi oleh film animasi karena baik untuk perkembangan imajinasi. Anda pasti pernah berdecak kagum ketika menonton film dengan efek visual yang keren. Jika Anda tertarik untuk mendalami ilmu perfilman dapat mendaftarkan diri di sekolah film. Selain akan belajar materi yang menarik, Anda juga berkesempatan untuk memilih beberapa profesi keren.

Peluang Profesi Lulusan Perfilman

Lulusan jurusan perfilman dapat memilih beberapa profesi keren dan bergengsi. Selain itu, profesi ini juga memiliki penghasilan yang menggiurkan. Di bawah ini merupakan beberapa profesi yang dapat Anda pertimbangkan.

Produser

Seorang produser memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Ia tak hanya dituntut mampu memproduksi film namun ia juga harus mampu menjalankan banyak hal. Seorang produser harus terlibat dalam produksi film dari awal hingga selesai. 

Tugas lain dari seorang produser yaitu mencari ide, membuat konsep dari ide-ide tersebut, membuat anggaran pembuatan film, mengawasi proses produksi hingga semua selesai dengan baik. Dengan segala kerumitan ini tak khayal jika seorang produser bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi.

Sekolah film

Sutradara

Anda para lulusan film juga berkesempatan besar untuk menjadi seorang sutradara. Seorang sutradara juga mempunyai tanggung jawab yang tidak kalah ribet dengan produser hanya saja mereka memiliki tugas yang berbeda. Tugas utama seorang sutradara yaitu harus dapat mengarahkan para artis dan kru selama proses pembuatan film.

Sutradara akan memandu para actor dalam melakukan setiap adegan agar mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, sutradara juga akan memberikan arahan kepada para kru agar mengambil gambar dari sudut yang tepat.

Penulis Naskah

Profesi di balik layar lainnya yang tak kalah keren yaitu penulis naskah. Profesi ini sangat cocok sekali bagi Anda yang memiliki banyak pemikiran atau imajinasi sehingga dapat menuangkannya ke dalam karya.

Penulisan naskah film harus dibuat secara detail lengkap dengan alur cerita. Selain itu, seorang penulis naskah juga bertugas untuk membuat sinopsi cerita tersebut sehingga para aktor dan kru dapat memiliki gambaran dengan cepat. Penulis naskah tidak hanya diperlukan pada dunia TV atau film, namun juga dibutuhkan untuk radio dan rumah produksi lainnya.

Videografer

Profesi videografer ini akan dibutuhkan semua industry penyiaran baik TV maupun Radio. Tugas utama profesi ini yaitu mengambil gambar sesuai dengan urutan yang sudah dituliskan di scenario. Selanjutnya, video tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan dan dilengkapi dengan efek. Selama proses editing, seorang videografer harus teliti dan detail agar dapat menghasilkan video yang baik. 

Pengajar

Jika Anda lebih menyukai dunia pendidikan maka Anda juga berkesempatan menjadi pengajar atau dosen. Profesi ini pun juga banyak dibutuhkan seiring dengan banyaknya perguruan tinggi yang membuka jurusan perfilman. Biasanya, syarat utama untuk menjadi seorang dosen yaitu Anda harus menyelesaikan pendidikan S2 terlebih dahulu.

IDS Digital College

Jika Anda memiliki kreativitas yang tinggi dan tertarik dengan dunia perfilman maka dapat bergabung dengan IDS Digital College. Kampus ini menyediakan pengajar yang kompeten dan juga professional. Selain itu, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan juga sangat tinggi karena kampus juga memiliki jaringan kerja sama yang luas.

Untuk menyiapkan para mahasiswanya mampu bersaing dalam dunia kerja, IDS Digital College memberikan berbagai macam pelatihan dan bimbingan. Pendekatan real world project juga diberikan agar mahasiswa mampu membuat karya-karya terbaik ketika berada di dunia kerja.