Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Calon Istri Tercinta

0
51
seserahan pernikahan

Ada salah satu proses di Indonesia yang harus dilakukan pada saat menjelang acara pernikahan, salah satunya adalah pemberian seserahan untuk pernikahan. Pada umumnya, pemberian seserahan pernikahan ini dilakukan oleh keluarga pria untuk keluarga mempelai perempuan sebagai sebuah simbol untuk bekal menjalani kehidupan kelak. Sebenarnya isi dari seserahan untuk pernikahan tidak terdapat barang wajib yang harus sama untuk setiap orangnya. Biasanya seserahan yang digunakan untuk hantaran dari seorang pria akan berisi barang-barang keperluan untuk calon pengantin perempuan yang nantinya bisa digunakan.

Namun, terdapat beberapa barang yang memerlukan persiapan khusus untuk seserahan ini. Untuk jumlah kotaknya sendiri sebenarnya seserahan ini tidak ada ketentuan yang wajib. Semuanya dapat disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Namun, beberapa tradisi memutuskan memberikan kotak berjumlah ganjil mulai dari 5, 7, 9 dan seterusnya misalnya seperti tradisi Jawa. Berikut ini adalah beberapa barang yang bisa dijadikan rekomendasi untuk seserahan untuk pernikahan untuk calon mempelai perempuan.

Rekomendasi Umum Seserahan untuk Pernikahan

seserahan pernikahan
seserahan pernikahan

1. Perlengkapan make up

Biasanya untuk isi seserahan yang satu ini para calon mempelai pria memutuskan untuk agar mempelai wanitanya memilih sendiri produk perlengkapan make up. Karena selain barangnya yang lumayan banyak, para wanita biasanya mempunyai brand tersendiri untuk setiap produk kosmetik yang ingin digunakannya. Jadi para pria memang sebaiknya menyerahkan urusan ini kepada pihak wanita.

2. Perhiasan

Seserahan pernikahan pada umumnya berupa perhiasan, hal ini mempunyai makna tersendiri yaitu bermakna penuh harapan dan bersinar, misalnya cincin berlian. Pasalnya sebuah cincin akan dibeli 1 kali selama seumur hidup dan digunakan dengan terus-menerus atau bahkan selamanya. Hal ini, berarti bahwa cincin itu tidak akan dijual. Maka, harus memilih cincin dengan serius dan selektif, jangan sampai Anda membeli cincin dengan harga yang tinggi, namun tidak sesuai dengan kualitasnya atau dapat juga karena mengejar harga yang sangat murah, namun tidak mendapatkan pelayanan yang seharusnya.

3. Hantaran sandal sepatu atau slop

Dengan memberikan seserahan pernikahan seperti ini bermaksud agar sepasang calon pengantin akan selalu beriringan atau berjalan bersama untuk mengarungi kehidupan rumah tangganya. Sepasang sepatu juga mempunyai makna, supaya kedua mempelai siap untuk menjalankan kehidupannya yang selalu berada di jalan yang lurus serta bersama-sama.

4. Satu set pakaian wanita

Memberikan satu set pakaian wanita pada umumnya mempunyai makna bahwa kedua calon pengantin dapat menyimpan rahasia rumah tangganya dengan baik untuk nantinya. Namun, bagi beberapa adat khususnya Jawa, pakaian yang dimaksud disini ini adalah bahan kebaya atau kain bawahan yang memiliki motif batik. Namun, juga ada yang memberikan seperangkat pakaian seperti baju pesta baju tidur baju kerja dan lainnya.

5. Buah-buahan

Hantaran buah-buahan dalam seserahan mempunyai, makna supaya kehidupan calon mempelai pasangan akan berbuah berkat bagi keluarga dan orang-orang yang ada di sekitarnya buah merupakan simbol serta harapan supaya pasangan yang akan menikah nantinya dapat menghasilkan buah yang melimpah untuk keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Buah yang biasanya di diberikan dalam seserahan adalah buah jeruk apel pir anggur dan pisang.

Seserahan yang satu ini dimaksudkan agar kedua calon mempelai pengantin akan tetap bersatu hingga akhir hayat. Makanan tradisional merupakan sebuah simbol harapan agar kedua pasangan selalu bersatu dan silaturahmi antara keluarga selalu tetap terjaga selamanya. Misalnya makanan tradisional seperti beras ketan, yang bermakna bahwa cinta kedua calon pengantin akan selalu dekat sepanjang masa.