Prospek Kerja Informatika yang Harus Anda Pertimbangkan

Teknik Informatika merupakan salah satu program kuliah yang memiliki peminat cukup tinggi di Indonesia. Prospek kerja Teknik Informatika lebih luas sehingga Anda tidak perlu bingung mencari kerja setelah lulus kuliah, tetapi pekerjaan di lapangan yang membutuhkan lulusan skill tinggi. Tidak hanya bisa bekerja sebelum lulus kuliah, Anda juga punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis sendiri lewat profesi yang relevan. Tentu gaji yang ditawarkan untuk lulusan Teknik Informatika IDS Digital College sangat kompetitif di bursa kerja. 

7 Profesi Teknik Informatika dengan Gaji Tinggi di Indonesia

Prospek kerja Teknik Informatika
Prospek kerja Teknik Informatika

Tidak ada yang tidak mungkin selama Anda punya niat dan motivasi kuat selama kuliah di IDS Digital College. Pasalnya, Anda akan mendapatkan pendidikan dan wawasan yang luas melalui program pendidikan formal atau non formal di lembaga ini. Sebagai bahan referensi terbaru, berikut prospek kerja Teknik Informatika dengan tawaran gaji yang cukup besar di Indonesia yaitu :

  1. Game developer 

Ada banyak aplikasi permainan online yang bisa diunduh di perangkat ponsel atau PC pengguna teknologi modern. Peluang menjadi seorang game developer yang sukses bisa menjadi potensi paling mumpuni. Anda bisa menentukan gaji sendiri dengan omzet lebih banyak sesuai dengan popularitas aplikasi yang dibuat. Bila bekerja di perusahaan game online pun, Anda bisa mendapatkan bayaran yang layak mencapai jutaan rupiah per bulan.

  1. Programmer

Menjadi programmer yang bertugas mengaktualisasi konsep dengan bahasa pemrograman yang tepat bisa menjadi pilihan profesi kekinian. Gaji programmer bervariasi sesuai kinerja, keahlian dan pengalaman Anda di bidang TI ini. Biasanya gaji mencapai angka jutaan sampai puluhan juta rupiah per bulan yang bisa menjamin masa depan lebih cerah.

  1. Konsultan TI

Menjadi konsultan yang bekerja di perusahaan dan organisasi tertentu atau memilih karir sebagai konsultan independen, tergantung dengan keinginan Anda sendiri. Rata-rata gaji seorang konsultan TI mulai 6-11 juta rupiah per bulannya.

  1. Bisnis Start Up

Menjadi pengusaha yang menentukan omzet mandiri puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan, maka Anda bisa bersaing dengan kompetitor lain dalam menjalankan bisnis start up. Ya, kemunculan ragam aplikasi yang memberikan kemudahan pada para pengguna cocok untuk lulusan TI. 

  1. Software engineer

Menjadi seorang software engineer yang bertugas untuk mengembangkan software hingga proses maintenance bisa digaji dengan bayaran yang memuaskan. Di lapangan, gaji junior saja bisa mencapai angka 5 juta ke atas, sedangkan senior mulai belasan sampai puluhan juta rupiah tergantung kinerja dan perusahaan bonafit tempat Anda bekerja. 

  1. Dosen

Menjadi tenaga pendidik yang mengajar bidang sama di kampus, kenapa tidak Anda pertimbangkan lebih lanjut? Pastikan saja Anda memiliki ilmu yang mumpuni dengan gelar di bidang TI yang lebih tinggi. Gaji dosen di Indonesia bisa mencapai angka jutaan rupiah, belum termasuk tunjangan dan bonus lainnya per bulan dan tahunan. 

  1. Cyber security

Bidang keamanan siber menjadi profesi yang menarik di era 4.0 yang semakin modern dan canggih. Setiap perusahaan atau aplikasi yang dijalankan di perangkat membutuhkan spesialis siber yang memiliki kemampuan bagus. Jangan heran gaji seorang cyber security bisa mencapai angka 10-15 juta rupiah per bulan, bahkan lebih.

Prospek kerja Teknik Informatika yang sangat luas mendukung impian Anda yang ingin berkarir dengan bayaran besar. Pastikan Anda mengambil kuliah yang tepat di IDS Digital College dengan program pendidikan berbasis kurikulum internasional, misalnya jurusan Cyber Security yang banyak dibutuhkan pasar. Tidak hanya bisa bekerja di Indonesia saja, tetapi Anda punya kesempatan meraih karir di luar negeri.