Mengenali dari Awal Nutrisi Anak Sejak Dalam Kandungan

0
62
nutrisi anak

Menjadikan anak tumbuh dengan optimal pastinya menjadi keinginan setiap orang tua, demi mewujudkannya maka kebutuhan untuk nutrisi bagi anak harus diperhatikan secara baik. Agar bisa memberikan yang terbaik maka sebagai orang tua harus mengenali juga dari awal apa saja yang diperlukan sebagai nutrisi anak sehingga anak terbebas dari malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Saat anak mengalami gangguan nutrisi maka pertumbuhannya akan terganggu, tidak hanya secara fisik untuk mentalnya pun bisa juga terganggu. 

Sebenarnya untuk nutrisi anak sendiri sudah dibutuhkan saat dalam kandungan. Berbagai nutrisi penting dibutuhkan disini untuk perkembangan fisik sampai otak bayi. Jika saat dalam kandungan sudah kekurangan nutrisi maka saat lahir dikhawatirkan akan lahir dengan tidak normal karena sudah terganggu dari awal. 

nutrisi anak
nutrisi anak

Sebagai pemenuhan nutrisi anak secara garis besar bisa dibagi dalam dua jenis yaitu nutrisi makro yang terdiri dari karbohidrat, lemak, dan protein. Serta nutrisi mikro yang terdiri dari vitamin dan mineral. Kedua bagian nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan anak dari awal kandungan sehingga bagi para orang tua penting memperhatikannya dari awal. Secara garis besar berikut ini rincian nutrisi anak yang sangat diperlukan.

  1. Nutrisi makro yang terdiri dari 
  • Karbohidrat. Jenis nutrisi ini bisa didapatkan dari berbagai macam makanan seperti beras, gandum, tepung, dan juga kacang-kacangan. Konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi. Sedangkan untuk asupannya dibutuhkan sekitar 45-55% bagi tubuh.
  • Protein. Jenis nutrisi ini sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang fisik, serta jaringan dan otot anak. Untuk bisa mendapatkan protein sendiri bisa didapatkan dari jenis makanan hewani mulai dari daging, ayam, ikan, telur, susu dan juga nabati seperti tahu dan tempe. Untuk asupan nutrisi yang diperlukan tubuh sendiri sekitar 9-15% dari total kebutuhan energi perhari.
  • Lemak. Selain sebagai sumber energi dari lemak juga berfungsi dalam penyerapan vitamin. Untuk kebutuhan lemak pada anak sendiri dibutuhkan sekitar 35-45% gr per harinya dan sebagai sumber makanan penghasil lemak bisa didapatkan dari ikan-ikanan, kacang almond, alpukat, dan yogurt.
  1. Nutrisi mikro yang terdiri dari
  • Mineral. Adanya mineral berfungsi dalam membantu proses metabolisme dan bisa didapat dari berbagai jenis makanan dari luar, karena tidak bisa diproduksi tubuh.
  • Vitamin. Peranan vitamin berfungsi dalam mengatur proses metabolisme tubuh, untuk kebutuhan anak sendiri bisa diberikan berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C, D, dan yang lainnya. Untuk mendapatkan bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti sayuran atau buah-buahan.
  • Kalsium. Makanan yang kaya akan kalsium bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju dan juga jeruk. Fungsinya untuk tubuh membantu dalam mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kebutuhan untuk kalsium sendiri pada anak berbeda-beda tergantung dari usia dan jenis kelamin anak.

Rendahnya nutrisi yang didapatkan anak dalam masa pertumbuhannya akan berdampak tidak hanya saat kecil tetapi juga saat dewasa karena turut berpengaruh juga untuk kecerdasan anak. Anak-anak yang kekurangan nutrisi sebaiknya langsung dibawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Dan untuk menghindari itu semua maka bagi orang tua menambah pengetahuan tentang beragam manfaat makanan bergizi sangat penting guna memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Selain itu ketahui juga dalam proses pengolahan makanan juga penting diketahui. Ini karena banyak juga orang tua yang salah dalam proses pengolahan makanan, akibatnya berbagai nutrisi yang terkandung dalam makanan menjadi hilang.