6 Cara Menyembuhkan Batuk Pada Anak Yang Mudah

Saat anak mengalami batuk tentunya menjadi kegelisahan tersendiri bagi orang tuanya, terlebih jika batuk yang dialami lama sembuhnya. Walaupun begitu batuk pada anak biasanya akan mudah sembuh dengan sendirinya sehingga bagi orang tua tidak perlu sangat khawatir. Namun jika batuk yang dialami dirasa sangat mengganggu maka ada beberapa cara menyembuhkan batuk pada anak secara mudah dan menggunakan bahan-bahan yang alami.

Penggunaan bahan alami tentunya bisa lebih baik karena memiliki efek samping yang sangat kecil bahkan tidak ada sama sekali jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Selanjutnya untuk berbagai cara yang dapat dilakukan guna menyembuhkan batuk pada anak sendiri enam cara berikut dapat dilakukan.

cara menyembuhkan batuk pada anak
cara menyembuhkan batuk pada anak
  1. Buah jeruk. Kandungan buah jeruk yang kaya akan vitamin C sangat baik dikonsumsi bagi si kecil yang sedang batuk. Adanya kandungan antioksidan dalam jeruk juga memberikan manfaat lainnya melawan bakteri penyebab penyakit. Dengan konsumsi buah jeruk maka kekebalan tubuh anak menjadi meningkat sehingga lebih kuat melawan penyakit yang datang. Konsumsi buah jeruk secara rutin saat anak batuk dan juga bisa diberikan sebagai pencegahan.
  2. Perasan buah lemon. Masih satu keluarga dengan jeruk, perasan buah lemon juga sangat baik untuk mengobati batuk anak. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah lemon selain dapat membuat tenggorokan anak menjadi lega juga membantu dalam mengurangi rasa gatal. Untuk membuatnya bisa dengan memeras lemon yang dicampur air hangat secukupnya saja jangan terlalu banyak. Selanjutnya supaya anak mau meminumnya bisa menambahkan madu agar tidak asem. Minum perasan air lemon ini 2-3 hari dalam seminggu secara teratur.
  3. Irisan bawang merah. Selain digunakan sebagai rempah-rempah dalam masakan, bawang merah juga bisa dijadikan sebagai penawar batuk anak. Caranya pun mudah anda hanya perlu mengiris beberapa bawang merah lalu simpan dalam wadah, kemudian simpan wadah tersebut disamping tempat tidur anak anda. Uap yang dihirup dari irisan bawang merah bisa menjadikan kondisi anak lebih baik dan terbebas dari batuk. Lakukan secara rutin sampai batuk anak mereda.
  4. Gunakan uap air hangat. Bahan alami yang mudah digunakan sebagai obat batuk anak selanjutnya yaitu menggunakan uap air panas. Manfaat dari uap air panas bisa memperlancar aliran pernafasan anak yang tersumbat. Untuk caranya siapkan semangkuk kecil air hangat yang di atasnya ditutup dengan handuk tipis untuk mengurangi resiko air terkena tubuhnya. Biarkan anak anda menghirup uapnya kurang lebih 15 menit dan lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.
  1. Air putih. Saat anak terkena batuk usahakan untuk minum selalu air putih, konsumsi air putih bisa menetralisir berbagai zat atau racun yang masuk ke tubuh dan juga membuat cairan tubuh tetap terjaga sehingga terhindar dari dehidrasi. Jika kekurangan air putih dapat menyebabkan pemulihan tubuh anak menjadi lambat yang tentunya berpengaruh pula pada penyembuhan batuk anak.
  2. Dengan air garam. Sebagai cara menyembuhkan batuk pada anak yang terakhir bias dimanfaatkan air garam untuk masalah batuk pada anak. Anda hanya perlu membuat air garam secukupnya untuk dibuat kumur-kumur oleh anak. Harus diperhatikan pula supaya air garam tidak tertelan oleh anak karena hanya sebatas di kumur-kumur saja. Dengan cara ini dipercaya dapat mengencerkan dahak, meredakan sakit tenggorokan dan juga membunuh kuman yang ada di mulut.