6 Skill Penting yang Dibutuhkan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang sedang diminati saat ini. Hampir seluruh universitas yang menyediakan jurusan ini diburu oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu alasan mendasar mengapa jurusan Teknik Informatika semakin diminati adalah karena peluang kerja yang menjanjikan dan gaji yang besar.

Selain bekerja di perusahaan, lulusannya juga bisa membuka bisnis startup yang sedang menjadi tren. Teknik Informatika sendiri mempelajari tentang pengelolaan informasi dan penerapan logika matematika pada program komputer. Ada beberapa skill yang bisa membantu Anda selama perkuliahan, di antaranya yaitu:

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Logika

Kemampuan logika yang baik merupakan skill paling penting apabila memilih jurusan TI. Pasalnya di sini Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam bahasa pemrograman seperti Java, PHP, javascript, dan lain sebagainya. Meskipun syntax atau kodenya berbeda namun semua bahasa pemrograman ini membutuhkan logika atau pola pikir yang sistematis. Jika memiliki kemampuan logika yang baik, Anda bisa mengikuti pembelajaran dengan mudah.

Kreativitas

Skill selanjutnya yang akan sangat berguna selama perkuliahan adalah kreativitas. Tidak hanya kemampuan logika saja, kreativitas dibutuhkan dalam pembuatan sebuah program. Apalagi jika program yang Anda buat mementingkan user interface atau tampilan misalnya seperti program website, aplikasi mobile, dan lain sebagianya. Asah kreativitas dengan sering-sering melihat program atau portofolio yang ada di internet.

Ketelitian

Skill penting selanjutnya yang akan membantu Anda selama kuliah jurusan Teknik Informatika adalah ketelitian. Perlu diketahui bahwa saat melakukan coding, Anda akan dihadapkan pada rentetan kode-kode panjang. Kesalahan sekecil apapun bisa membuat program yang Anda buat tidak berjalan seperti seharusnya. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk memiliki ketelitian tinggi sehingga program tidak error karena kesalahan kecil.

Ketekunan

Selain ketelitian, Anda juga membutuhkan ketekunan dan kesabaran selama kuliah programming. Anda tidak boleh menyerah begitu saja apabila program yang dibuat masih error. Mahasiswa TI dituntut untuk sabar dan tekun mencari kesalahan hingga program bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkannya. Oleh sebab itu, Anda yang memiliki jiwa tekun dan pantang menyerah sangat cocok dengan jurusan ini.

Berani

Berani yang dimaksudkan adalah siap menghadapi tantangan dengan tinggi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Anda harus mampu mengikuti arus teknologi dan tuntutan pasar yang terus berubah. Jika Anda sangat menyukai tantangan dan senang belajar, jangan ragu lagi untuk memilih jurusan TI sebagai jurusan perkuliahan.

Kerja Sama Tim

Kebanyakan tugas kuliah dari jurusan TI dilakukan dalam bentuk kelompok. Hal tersebut lantaran tugas-tugasnya yang berhubungan dengan project coding sehingga harus dikerjakan beberapa orang. Selain itu, kebanyakan profesi di bidang TI juga dikerjakan dalam tim. Jadi Anda harus memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan mampu bekerja sama dengan mudah. Biasakan diri untuk bisa memahami orang lain agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik.

Itulah beberapa skill yang akan membantu Anda selama menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika. Berbagai skill tersebut bisa Anda bangun jika memang memiliki keinginan tinggi untuk masuk dunia IT. Selain itu, Anda juga harus memilih perguruan tinggi dengan jurusan TI yang berkualitas.

IDS Digital College bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin menjadi ahli IT. Institusi pendidikan yang juga dikenal dengan nama STMIK Indo Daya Suvana ini menghadirkan program berkualitas dengan kurikulum bertaraf internasional. Untuk jurusan TI sendiri tepatnya ada di STMIK Bidakara. Kunjungi website ids.ac.id untuk melihat informasi selengkapnya mengenai jurusan ini.