Tips Memilih Engagement Ring  yang Tepat dan Cocok

Tunangan merupakan sebuah prosesi yang sangat penting dan dinantikan oleh setiap pasangan. Dalam proses ini, cincin emas menjadi salah satu item yang paling sakral. Itulah kenapa, Anda harus memilih engagement ring secara baik dan benar.

Jika Anda kurang begitu tahu tentang cara memilihnya, di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda. Yuk, langsung simak cara-caranya di bawah ini:

engagement ring
engagement ring
  1. Pilih Cincin Satu Pasang

Kami menyarankan Anda untuk memilih jenis cincin satu pasang. Tujuannya agar cincin Anda dan pasangan semakin serasi di prosesi yang sakral ini. Anda juga bisa memilih jenis custom yang jauh lebih khas dari cincin yang sudah jadi.

Namun, untuk membeli cincin custom, diperlukan biaya dan waktu lebih. Jika ingin cepat, Anda bisa memilih cincin yang sudah jadi saja.

  1. Perhatikan Ukuran

Jangan pernah mengabaikan ukuran. Karena, ukuran suatu cincin juga menentukan kenyamanannya ketika digunakan. Silahkan Anda coba terlebih dahulu ukuran cincin yang akan dibeli. Pastikan cincin tersebut nyaman sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Sebaiknya belilah cincin tunangan bersama-sama dengan pasangan. Tujuannya agar Anda dan pasangan bisa memilih jenis cincin yang cocok untuk berdua. Jangan lupa juga untuk membedakan antara cincin perempuan dan laki-laki. Pilihlah cincin ukuran lebih besar untuk laki-laki.

  1. Pilih Desain Sesuai Selera dan Karakter

Pemilihan desain juga memengaruhi cincin yang Anda gunakan. Pastikan desain yang Anda pilih sesuai dengan karakter dan selera. Tujuannya yaitu agar Anda percaya diri ketika menggunakannya di prosesi tunangan nanti.

Terkait desain, ada banyak sekali pilihan desain yang ada di pasaran. Silahkan Anda pilih sesuai dengan selera.

  1. Pilih Berlian Asli

Ada banyak cincin tunangan yang ada di pasaran dengan berbagai kualitas berlian. Pastikan berlian yang Anda pilih asli. Ada beberapa trik untuk mengetahui mana berlian asli dan mana yang palsu. Namun, jika Anda tidak bisa membedakannya, carilah penjual yang menyediakan selector berlian.

Selector berlian merupakan sebuah alat digital yang bisa mengetahui keaslian berlian. Jika berlian tersebut asli, maka alat tersebut akan tersebut akan merespon. Umumnya, alat ini sudah ada di setiap toko-toko perhiasan terkemuka

  1. Pilih Material yang Cocok

Ada 3 jenis material yang umum digunakan untuk cincin berlian. 3 material tersebut yaitu emas kuning, emas putih, dan platinum. Silahkan Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan saja.

Emas kuning adalah material paling bawah, emas putih merupakan material standar, dan platinum adalah yang paling tinggi. Silahkan pilih salah satunya. Jika ingin yang lebih murah, Anda bisa memilih emas kuning. Jangan khawatir, emas kuning juga merupakan material terbaik untuk cincin tunangan.

  1. Pilih Warna Berlian

Ada 3 kategori warna berlian. Pertama jenis berlian yang paling umum yaitu putih atau bening. Jenis kedua yaitu warna fancy diamond yang paling tinggi. Yang terakhir adalah jenis warna paling rendah yaitu kuning gelap.

Fancy diamond memiliki beberapa varian warna seperti kuning, pink, dan lainnya. Namun, tolong bedakan mana kuning fancy dan mana kuning warna kualitas rendah. Tetapi jangan khawatir, meski berkualitas rendah, berlian masih tetap berlian yang merupakan perhiasan berkualitas jempolan.

Demikian informasi seputar tips memilih engagement ring yang cocok untuk kebutuhan tunangan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat, khususnya bagi Anda yang berencana bertunangan. Bagi yang merasa kesulitan, Anda bisa langsung membelinya di Mondial Jeweler. Di sana tersedia banyak pilihan varian cincin tunangan.