Berbagai Pilihan Kegiatan Seru Ramadan and Kids

Bulan Ramadan adalah bulan suci penuh berkah bagi umat Islam. Apalagi bila momen Ramadan dapat anda laksanakan dan rasakan dengan keluarga terutama anak anda. Nah buatlah momen ramadan and kids menjadi seru dan menyenangkan. Tentunya puasa adalah sebuah kegiatan baru yang dilaksanakan anak-anak. Karena anak-anak mengetahui perubahan pola makan yang berbeda dengan hari-hari biasanya. 

Pastinya sebagian anak akan berpartisipasi dengan antusias dalam kegiatan puasa tersebut. Namun, ada juga anak yang tidak mau melaksanakan karena tidak bisa jajan, lapar, haus dan alasan lainnya. Oleh sebab itu, bagi anda sebagai orang tua harus memiliki pikiran kreatif dalam membujuk anak, agar anak dapat melaksanakan momen Ramadan and kids dengan riang gembira.  Nah ini dia tips membuat momen Ramadan bersama anak menjadi menyenangkan! 

Ramadan and kids
Ramadan and kids

  • Menyiapkan Menu Masakan Bersama 

Tips seru yang pertama adalah dengan berdiskusi dan menyiapkan menu makanan apa yang dapat dimasak bersama dan enak dijadikan menu berbuka puasa khususnya. Mintalah pendapat dari anak anda dalam menyajikan menu berbuka dan sahur, sebab hal itu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi anak karena mereka dapat memilih menu makanan yang dia sukai.

  • Ajarkan Anak Berbagi 

Bulan Ramadan yang penuh berkah pastinya menjadi momen yang membahagiakan jika memberi dan membantu kepada sesama. Oleh sebab itu ajaklah anak untuk belajar bersedekah dengan berbagi menu buka puasa kepada dhuafa dan membantu orang yang kesusahan misalnya. Pastinya anak menjadi senang Karena dia bisa merasakan berbagi kepada orang lain.  

  • Membacakan Cerita-cerita Islam

Agar anak tidak bosan saat menjalankan puasa, terutama pada siang hari yang pastinya perut akan keroncongan. Ajaklah anak beristirahat dengan anda membacakan sebuah cerita Islami, misal kisah nabi dan lainnya. Hal tersebut bisa menjadikan anak anda senang, karena menjadi momen yang jarang anda lakukan

  • Merenovasi Rumah 

Biasanya setiap keluarga akan merenovasi rumah di saat bulan Ramadan karena akan menyambut datangnya hari raya idul fitri. Oleh sebab itu, anda bisa mengajak anda untuk membantu merenovasi rumah anda sebagai kegiatan ramadan and kids. Misalnya, mengecat rumah, menambah atau merubah dekorasi rumah, atau anda juga bisa menambahkan dekorasi khusus untuk kamar anak anda sebagai reward karena mereka sudah melaksanakan puasa di bulan Ramadan.