Inilah Proses Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Ketika anak berusia 1-3 tahun, ini merupakan masa yang sangat penting pada proses tumbuh kembangnya. Dimana masa tersebut merupakan masa keemasan dalam pertumbuhan si Kecil. Untuk itu, penting sekali memberikan dukungan secara penuh agar tumbuh kembang anak 1 tahun berjalan dengan baik.

Setiap anak memiliki proses tumbuh kembang setiap yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor biologis, psikologis, dan lingkungan. Mam perlu untuk mengetahui setiap fase pertumbuhan si Kecil agar mereka bisa berkembang dan belajar sesuai dengan tahapan yang nyaman baginya.

Ketika si Kecil memasuki usia 1 tahun, mereka biasanya sudah mulai bisa untuk berjalan sendiri. Selain perkembangan fisik motoriknya dalam berjalan, si kecil juga akan mengalami perkembangan otak yang cukup pesat. Hal tersebut akan ditandai dengan bertambahnya keterampilan si Kecil dalam bicara, berjalan, atau mengingat.

tumbuh kembang anak 1 tahun
tumbuh kembang anak 1 tahun

Perkembangan yang terjadi pada tumbuh kembang anak 1 tahun yaitu kemampuan berbahasanya yang semakin meningkat. Si Kecil mulai bisa untuk memahami kata-kata dari orang yang berada di sekitarnya. Menginjak usia 18 bulan, si kecil mengalami perkembangan berbicara satu atau dua kata.

Untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya dalam berjalan, Mam bisa menstimulasi dengan memberinya kesempatan melangkah tanpa bantuan. Biarkan si kecil untuk belajar melangkah di sekitar rumah dengan berpegangan pada dinding atau mendorong kursi yang ringan. Tumbuh kembang anak 1 tahun selain kemampuan berjalan, si Kecil juga sudah bisa mengucapkan kata pertamanya, bahkan menyatukan dua kata sekaligus.

Meskipun kosakata yang dimiliki si kecil masih cukup terbatas, pada usia ini mereka sudah bisa melakukan perintah sederhana yang diminta. Selain itu, anak usia 1 tahun juga sudah bisa untuk mengidentifikasi bentuk dan warna, serta menyukai warna-warna yang terang.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCELTM membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progesif agar dari Belajar jadi Hebat.