Fungsi Buku Agenda Menarik dari Snapy

Dalam sebuah organisasi baik berupa instansi pemerintah maupun perusahaan swasta, arus keluar masuknya surat organisasi berjalan dengan intensitas yang sangat tinggi. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem pencatatan yang rapi agar keberadaan surat yang masuk dan keluar bisa dimonitor dan dikontrol setiap saat. 

Nah, untuk melakukan sistem monitoring surat atau dokumen sebuah organisasi, dibutuhkan sebuah perangkat berupa buku, adapun buku yang dimaksud disini adalah buku agenda. Ya, buku ini merupakan buku khusus yang dipakai untuk mencatat surat-surat yang masuk dalam perusahaan, bisnis, atau organisasi selama periode 1 tahun.

buku agenda
buku agenda

Buku agenda memiliki banyak fungsi sebagai penunjang seluruh kegiatan sebuah organisasi. Adapun beberapa fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Bukti surat masuk dan keluar. Dengan adanya buku kerja ini, detail dari setiap yang masuk atau sampai keluar bisa diidentifikasi dengan mudah.  Pencarian berkas-berkas penting juga akan terbantu. Mengetahui jumlah surat yang masuk dan keluar. Terkadang ada keadaan di mana perusahaan, bisnis, atau organisasi perlu melihat kembali berapa jumlah surat masuk maupun surat keluar dalam waktu tertentu. Dengan membuat rincian dalam buku agenda kerja, situasi seperti ini juga akan bisa dilewati dengan mudah.
  2. Mengetahui penomoran surat. Untuk mengeluarkan suatu surat, perusahaan, bisnis, atau organisasi perlu membuat penomoran yang runtut dari satu surat ke surat yang lain. Jika daftar surat yang dikeluarkan sebelum-sebelumnya sudah terangkum dalam buku kerja, maka pemberian nomor akan semakin cepat dilaksanakan.
  3. Membantu pencarian surat. Dalam keadaan tertentu, perusahaan, bisnis, atau organisasi mungkin perlu memilih surat-surat terdahulu yang sudah tersimpan. Dengan menuliskan identitas nya secara urut pada buku kerja anda, maka pencarian tak akan memakan waktu lama.

Demikianlah beberapa fungsi dari sebuah buku agenda yang perlu anda ketahui. Jika anda membutuhkannya dengan harga yang murah, anda bisa membelinya di Snapy. Snapy merupakan sebuah perusahaan percetakan ternama di Jakarta yang menyediakan jasa pembuatan berbagai jenis produk percetakan berkualitas tinggi.