Mengenal Deductible Biaya Klaim Asuransi Mobil

0
568
biaya klaim asuransi mobil
biaya klaim asuransi mobil

Sebagian besar orang mengira bahwa ketika memiliki asuransi kendaraan bermotor, semua pembiayaan tidak ada lagi. Ketika Anda membutuhkannya semua dikeluarkan oleh perusahaan asuransi tidak terkecuali. Padahal tidak demikian. Ada yang disebut deductible yang harus dikeluarkan dalam biaya klaim asuransi mobil. Ini penting Anda ketahui agar jika mengalami tidak perlu merasa marah.

Biaya deductible ini adalah biaya yang harus dibayar pemegang polis saat mengklaim jaminan asuransi yang dimilikinya. Hal ini berlaku pula pada biaya klaim asuransi mobil dan pastinya sudah diketahui Ojk sebagai pengawas semua lembaga usaha jasa keuangan di Indonesia.

biaya klaim asuransi mobil
                                                                      biaya klaim asuransi mobil

Deductible sebagai bagian biaya klaim asuransi motor dan mobil biasanya mengikuti aturan umum, yaitu:

  • Dibayarkan setiap klaim. Besaran nya berdasarkan persentase sesuai perusahaan masing-masing. Misalnya 10 persen dari biaya kerusakan.
  • Biaya deductible hanya dikeluarkan ketika kendaraan Anda mengalami kerusakan secara fisik dan besaran nya tidak akan sampai lebih dari 50 persen.
  • Biaya deductible yang harus dibayarkan oleh pemegang polis asuransi tidak mencakup klaim akibat non fisik. Misalnya, kerusakan akibat tuntutan hukum pihak ketiga tidak dikenakan biaya ini.

Lantas, mengapa sudah asuransi harus ada biaya deductible? Padahal sebagai konsumen, Anda menginginkan semua sudah ditanggung pihak asuransi. Khususnya jika Anda mendaftarkan kendaraan dengan asuransi all risk.

Tujuan biaya deductible, antara lain:

  1. Agar pengendara kendaraan bermotor lebih hati-hati dalam mengemudikan kendaraan. Ketidak hati-hatian membuat kerugian pada diri sendiri tetapi juga pada orang lain. Dengan tambahan biaya yang harus dikeluarkan sendiri saat klaim akan membuat pengendara ugal-ugalan menyadarinya.
  2. Biaya deductible digunakan agar pemilik kendaraan tidak selalu mengajukan klaim dengan kerusakan atau  kerugian-kerugian kecil. Kerusakan kecil yang diklaim sering tentu kalau di total akan besar bukan? ini tidak hanya merugikan pihak asuransi tetapi juga menyulitkan bengkel yang memberikan pelayanan.

Nah, Anda tahu bukan mulai sekarang kenapa sudah ada asuransi saat mengklaim kerusakan tetap ada biaya yang dikeluarkan?

Hal ini akan dijelaskan oleh agen asuransi jika Anda menggunakan Asuransi Autocillin. Berbagai hal akan dipermudah dengan pelayanan yang baik dan penjelasan transparan.

Anda butuh asuransi kendaraan? Asuransi Autocillin pilihan tepat!