Tips Perawatan Wajah Pria Sesuai Jenis Kulitnya

Melakukan perawatan wajah pria merupakan sebuah keharusan. Ya, jika hal tersebut rutin dilakukan, niscaya anda akan memiliki wajah yang sehat, segar dan berseri sepanjang hari. Tahukah anda bahwa banyak hal yang harus anda perhatikan saat anda melakukan perawatan wajah ? diantara sekian banyak hal yang harus anda perhatikan tersebut, anda harus mengetahui dan memahami bagaimana cara atau tips melakukan perawatan wajah pria yang sesuai dengan jenis kulit yang dimilikinya.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan bagaimana cara melakukan perawatan wajah pria yang sesuai dengan kondisi kulit seseorang. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kulit Wajah Normal. Jenis kulit wajah pria yang cenderung normal biasanya memiliki pori-pori lebih kecil, permukaan kulit halus, tidak terasa kering maupun berminyak, jarang memiliki masalah kulit apapun, seperti kulit kusam, dan tidak memiliki kerutan. Keuntungan lainnya, tekstur kulit cenderung elastis, kenyal, dan halus. Anda perlu mencuci wajah minimal dua kali sehari dan melengkapinya dengan menggunakan pelembap setiap hari danscrub setiap minggu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.
  2. Kulit Wajah Berminyak. Sebaiknya pilih produk perawatan kulit seperti pelembap yang mengandung air dan bebas minyak untuk mengatasi berbagai keluhan wajah berminyak. Sementara untuk produk pembersih wajah, sebaiknya pilih kandungan asam salisilat yang mampu mengurangi produksi minyak pada kulit dan tidak menyumbat pori-pori.
  3. Kulit Wajah Kering. Anda memerlukan scrub yang berbahan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara untuk malam hari, Anda perlu menggunakan pelembap yang berfungsi melembapkan dan menggunakan masker wajah seminggu sekali agar wajah tampak bersih dan sehat.
  4. Kulit Wajah Kombinasi. Perawatan wajah pria yang berkulit kombinasi, yakni menggunakan produk perawatan khusus kulit berminyak pada area T dan produk perawatan khusus kulit kering untuk area pipi. Perlu juga menggunakan tabir surya setiap hari untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini.
  5. Kulit Wajah Sensitif. Jenis kulit wajah pria yang satu ini lebih rentan mengalami kemerahan dan iritasi, khususnya bila menggunakan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan tipe kulit sensitif. Gunakan produk perawatan kulit yang bebas wewangian dan jangan berlebihan menggunakan scrub wajah berlebihan.