5 Makanan yang Baik Untuk Meningkatkan Kesehatan Wanita

Menjaga kesehatan wanita bukan hanya dengan mengontrol pikiran agar selalu positif, menjaga kebersihan dan olahraga teratur saja. Tetapi juga menerapkan pola makan dengan gizi yang seimbang dan mengkonsumsi makanan yang bagus untuk kesehatan.

Berikut beberapa makanan yang baik bagi kesehatan wanita, yaitu:

1. Pepaya

Buah tropis ini memiliki kandungan yang kaya akan beta karoten dan likopen. Hal ini memberikan manfaat besar yang dapat menurunkan resiko terjadinya kanker serviks dan kanker payudara. Kedua penyakit ini termasuk momok yang paling menakutkan bagi setiap wanita. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, Anda juga akan terhindar dari resiko serangan jantung, menjaga kolesterol, tekanan darah tinggi dan penuaan dini.

2. Alpukat

Dalam kandungan buah yang berwarna hijau muda ini, terdapat asam lemak jenuh tunggal yang sangat baik menjaga tubuh wanita agar selalu sehat. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi nya, dapat menghilangkan lemak perut, melindungi mata dan menghaluskan kulit dari dalam.

3. Buah beri-berian

Buah berry seperti blueberry, strawberry, rasberry, dan blackberry memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan wanita. Buah-buahan ini mengandung flavonoid dan antioksidan yang mampu melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Selain itu, buah ini juga mampu menjaga ketajaman pikiran dan menghindari kepikunan.

4. Brokoli

Sayuran ini mengandung senyawa sulforaphane yang sangat membantu menurunkan kelebihan estrogen yang dapat menyebabkan kanker. Brokoli juga kaya akan mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh wanita.  Setidaknya, setiap minggu minimal Anda harus mengkonsumsi sayuran ini seberat 500 gram, agar tubuh selalu sehat.

5. Kacang

Jika Anda memiliki masalah dalam hipertensi dan diabetes, kacang adalah konsumsi terbaik untuk mengatasinya. Kandungan yang terdapat dalam kacang, kaya akan serat dan rendah lemak yang dapat menurunkan tekanan darah dan gula darah. Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi hal ini yaitu kenari, kacang merah dan kacang almond

Demikian beberapa makanan yang bagus dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan wanita. Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari atau setidaknya 1,5 liter agar kondisi selalu fit. Semoga bermanfaat.