Pusing dengan Kulit Berminyak? Atasi dengan 6 Cara Ini!

Pusing dengan Kulit Berminyak? Atasi dengan 6 Cara Ini!

(Sumber gambar: www.lesliebaumannmd.com)

Ketika beraktivitas di tengah cuaca panas dan penuh dengan polusi, biasanya kulit akan menjadi berminyak dan kusam. Kulit berminyak memiliki tanda seperti pori-pori yang besar, makeup cepat luntur, dan wajah berjerawat. Meski begitu, sisi positifnya kulit berminyak terbukti dapat menunda tanda penuaan, lho! Untuk itu, jangan ragu tetap tampil percaya diri meski memiliki tipe wajah berminyak.

Namun, jika minyak yang ada pada wajahmu sudah melebihi batas wajar atau tidak sehat, akan lebih baik untuk kamu melakukan serangkaian perawatan di bawah ini, ya!

1. Gunakan Pelembap

“Sudah berminyak menggunakan pelembap? Apa tidak salah?”, mungkin kebanyakan dari kamu akan memberi respon demikian. Eits, jangan salah! Munculnya jerawat dan minyak pada wajahmu kemungkinan disebabkan oleh kurangnya penggunaan pelembap, lho. Nah, pastikan kamu memilih pelembap yang dirancang khusus untuk wajah berminyak, ya. FYI, pelembap berbahan dasar air lebih cocok untuk tipe kulit berminyak.

Oh iya, perhatikan juga komposisinya. Hindari komposisi jojoba oil dan olive oil. Kandungan tersebut hanya akan membuat wajah kamu semakin berminyak, guys!

2. Hindari Makanan Berminyak

Tahukah kamu? Mengkonsumsi makanan goreng-gorengan secara berlebih dapat mengakibatkan produksi minyak pada wajah menjadi tidak terkendali sehingga membuka peluang untuk jerawat dan komedo bermunculan. Yup, selain menjaga kesehatan wajah dari luar, kamu juga perlu memerhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Ayo, mulai sekarang kurangi jenis jajanan berminyak dan konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit seperti sayuran, buah-buahan, dan yoghurt.

3. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Tepat

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka merupakan bentuk perawatan kulit yang penting untuk dilakukan setiap harinya. Perlu kamu mengerti bahwa menjaga kulit tetap bersih dapat menghilangkan kotoran penyebab timbulnya jerawat dan produksi minyak yang berlebih. Untuk itu, pastikan kamu memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu, ya.

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak direkomendasikan untuk menggunakan sabun Cetaphil. Produk ini berguna untuk mengatasi masalah kulit wajah yang sensitif, kering, hingga berminyak. Tertarik untuk mencobanya? Nah, pas banget nih karena Shopee lagi ada promo hari ini, lho!

4. Rutin Scrub

Apakah kamu sering beraktivitas di luar ruangan? Jika iya, berarti kamu perlu melakukan scrub wajah secara rutin! Pasalnya, melakukan eksfoliasi pada kulit berminyak perlu dilakukan setidaknya satu kali dalam seminggu. Kenapa? Minyak yang ada pada wajahmu dapat membuat kotoran dari luar menempel dan menumpuk pada kulit. Hal inilah yang akhirnya membuat pori-pori pada wajahmu tersumbat dan akhirnya berjerawat. Itu sebabnya, jika ingin memiliki kulit wajah yang halus dan bebas dari jerawat, rajin lakukan scrub ya!

5. Sediakan Kertas Minyak

Ini dia produk perawatan wajah yang harus selalu ada dalam tasmu. Yup, lembaran kertas yang dapat menyerap keringat ini merupakan sahabat bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, khususnya untuk para perempuan. Biasanya, wajah berminyak dapat mengganggu penampilan dan kosmetik pada wajah perempuan.  Nah, untuk menghilangkan minyak tersebut, kamu hanya perlu mengelap wajah secara lembut menggunakan kertas minyak. Cara ini juga efektif untuk menjaga makeup agar selalu on point, ladies!

6. Gunakan Toner

Last but not least adalah rutin menggunakan toner. Mungkin untuk para pria, penggunaan toner masih terdengar asing bagi kalian.  Untuk kamu yang belum tahu, toner adalah cairan yang mengandung bahan aktif dan berfungsi untuk menghilangkan kotoran seperti minyak dan sisa makeup. Toner juga dapat menenangkan, memperbaiki, dan menghaluskan permukaan kulit agar terhindar dari peradangan atau kemerahan pada kulit wajah. Oleh sebab itu, jika ingin memiliki wajah yang senantiasa bersih dan segar, gunakan toner setiap harinya sebelum tidur, ya.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah kulit berminyak. Nah, untuk kamu yang lagi cari perawatan wajah berkualitas dan murah. Berbagai diskon menarik yang ditawarkan khusus untuk Shopeeholics, seperti flash sale memudahkan kamu untuk beli berbagai produk perawatan wajah dengan harga yang murah!