Larang Operasi Fitech Tanpa Izin Gateway Payment

Peraturan Bank Indonesia (PBI) tentang Gerbang Pembayaran Nasional atau gateway payment dengan Nomor 19/8/PBI/2017 resmi diberlakukan sejak tanggal 22 Juni 2017 memberikan payung hukum  untuk bisnis pembayaran digital di Indonesia. Latar belakang yang mendasari diterbitkannya peraturan tersebut menurut Onny Wijanarko selaku Direktur Eksekutif Kepala Pusat Transformasi Bank Indonesia adalah “Untuk mewujudkan system pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal sekaligus memudahkan pemrosesan transaksi pembayaran ritel domestik agar dapat dijalankan dengan saling terhubung (interkoneksi) dan saling dapat dioperasikan (interoperabilitas).”

Masih menurut Onny, aturan tersebut memuat tentang tujuh hal penting mengenai pelaksanaan integrasi system pembayaran Nasional. Yaitu tentang ruang lingkup GPN (Gerbang Pembayaran nasional), syarat-syarat pengajuan izin payment gateway, mengatur soal kerjasama lembaga switching, kewajiban pihak yang terhubung dengan GPN, branding nasioanal serta yang terskhir tentang Laporan, Pengawasan, dan Sanksi.

izin payment gateway

“Selain memenuhi kriteria atau persyaratan, pihak yang akan menjadi penyelenggara GPN harus mendapatkan penetapan untuk Lembaga Standar atau Lembaga Services dan persetujuan untuk Lembaga Switching,” kata Onny. “Penyelenggara yang melanggar PBI ini dikenakan sanksi administratif  berupa teguran tertulis, denda, penghentian sementara atau seluruh kegiatan, dan/atau pencabutan penetapan dan/atau persetujuan sebagai penyelenggara GPN,” lanjutnya.

Maka dari itu Faspay sebagai salah satu penyedia layanan gateway payment di Indonesia telah mengantongi izin gateway payment dari Bank Indonesia dengan nomor 19/966/DKSP/Srt/B. Dengan legalitas tersebut membuat Faspay menjadi semakin terpercaya untuk melaksanakan segala transaksi keuangan Anda. Bukan hal yang baru lagi dengan berkembangnya system pembayaran melalui transaksi elekttonik membuat kejahatan juga semakin marak. Karena itulah Faspay memberikan jaminan keamanan layananyang maksimal bagi para penggunanya.

Selain melalui regulasi perlindungan izin gateway payment dari Bank Indonesia, faspay telah memiliki system yang terintegrasi untuk mendeteksi kecurangan online pada tiap transaksi kartu kredit Anda. Pelayanana customer service yang sangat responsif kepada konsumen untuk segala permasalahan yang ada, juga memberikan jaminan keamanan agar masalah bisa diselesaikan dengan baik.  Dan yang terakhir Faspay menyediakan layanan berbagai saluran pembayaran melalui satu system yaitu API (Application Programming Interface).

Jadi jangan salah pilih untuk menentukan system pembayaran online Anda. Pastikan telah memiliki legalitas izin gateway payment dari Bank Indonesia.