Peranan Teknologi Pertanian Dalam Membantu Petani Di Wilayah Pedesaan

Teknologi Pertanian – Kita tahu bahwa di zaman yang modern seperti sekarang ini penggunaan teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia, baik pada sektor perdagangan, layanan jasa, pendidikan ataupun pertanian.  Pada sektor pertanian, peranan teknologi dalam membantu petani terutama yang ada di pedesaan sangatlah banyak karena masyarakat pedesaan yang mayoritas masih menggunakan cara konvensional untuk mengelola pertanian. Cara-cara tradisional yang digunakan petani pedesaan untuk menegelola pertanian akan memakan waktu yang cukup lama berbeda jika para petani sudah menggunakan teknologi modern.

Teknologi pertanian dapat memudahkan petani dalam mengelola pertanian. Hal ini adalah peranan teknologi pertanian yang paling utama karena dengan keberadaan teknologi terutama teknologi yang modern para petani bisa mengelola pertanian dengan mudah seperti adanya traktor untuk memudahkan petani membajak sawah dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. Selain itu teknologi modern juga meningkatkan produksi pertanian. Selain meningkatkan penjualan peranan teknologi juga bisa meningkatkan produksi pertanian karena membutuhkan penggunaan alat-alat dan bahan-bahan produksi khusus seperti pupuk, bibit, makanan, pestisida, obat pertanian dan perkakas yang digunakan dalam sektor pertanian.

Banyaknya peranan teknologi pertanian dalam membantu petani harus diperhatikan tak hanya oleh dinas pertanian amun bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan pertanian. Bagi pemerintah, mengetahui peranan teknologi pertanian dalam membantu petani sangat diperlukannya untuk meningkatkan produksi pertanian yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Pemerintah diharapkan bisa mensubsidi alat-alat teknologi tersebut sehingga para petani tak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk membeli alat-alat tersebut, alangkah lebih baik lagi jika pemerintah mengirim beberapa orang yang memiliki pengetahuan di bidang pertanian ke pedesaan untuk membimbing petani-petani disana dalam memanfaatkan teknologi pertanian dan mensosialisasikan cara-cara mengolah pertanian serta mengefektifkan waktu pertanian.

Jika petani-petani bisa menggunakan teknologi pertanian dengan baik maka akan berdampak pada hasil yang didapat, hasil pertanian di indonesia akan meningkat sehingga indonesia tak perlu lagi mengimpor hasil pertanian dari luar negeri. Hasil pertanian di dalam negeri bisa meningkatkan pemasukan kas negara selain itu bisa juga  meminimalisir tingkat ketergantungan pada negara lain, hasil pertanian yang didapat dari negara sendiri juga cenderung lebih sehat karena tak membutuhkan waktu yang lama dalam penyimpanan.

Teknologi Pertanian – Kita tahu bahwa di zaman yang modern seperti sekarang ini penggunaan teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai sektor kehidupan manusia, baik pada sektor perdagangan, layanan jasa, pendidikan ataupun pertanian