Tips Atasi Ketombe dengan 5 Bahan Alami

Ketombe dan rasa gatal dikepala memang sangat mengganggu. Rasa panas dan gatal di kulit kepala yang menyerang bisa membuat tangan tidak berhenti untuk menggaruk terus. Hal tersebut akan membuat rasa percaya diri turun terutama untuk kaum wanita. Terlebih wanita yang biasanya memiliki rambut panjang, namun karena ketombe  mereka lebih memilih model rambut pendek.

Hampir setiap orang pernah mengalami ketombe, tak sedikit yang bahkan mengalami ketombe yang tak kunjung hilang. Baik laki-laki maupun wanita, masalah ketombe sering muncul. Terlebih wanita yang biasanya memiliki rambut panjang, namun karena ketombe  mereka lebih memilih model rambut pendek. Rambut anda berketombe tentu bisa menjadi masalah untuk penampilan terbaik Anda.

Ketombe yang ada bisa membuat tampilan terganggu karena akan mudah terlihat terutama saat anda mengenakan baju dengan warna yang gelap seperti hitam, navy blue atau dark grey. Akan tetapi berbagai masalah rambut yang berketombe sebenarnya bisa diatasi dengan mudah salah satunya dengan bahan-bahan yang alami. Menghilangkan ketombe secara alami dapat menjadi pilihan kamu karena selain manfaatnya yang besar dalam efek sampingnya juga sangat kecil.

Lalu, apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami berikut ini diantaranya.

  1. Menggunakan minyak zaitun. Selain bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat seperti jantung dan stroke. Khasiat minyak zaitun yang lainnya juga bisa dirasakan dalam menghilangkan ketombe yang ada di kulit kepala. Untuk menggunakannya anda hanya cukup meratakan minyak zaitun ke kulit kepala yang sebelumnya telah dibersihkan, kemudian lakukan pemijatan lembut untuk hasil yang lebih baik.
  2. Manfaatkan pelembab rambut. Pelembab rambut yang mungkin biasa kamu gunakan sebenarnya juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, khususnya dalam mencegah ketombe datang lagi. Akan tetapi sebelum menggunakannya pastikan pelembab tersebut aman dari bahan yang alami.
  3. Perhatikan asupan nutrisi. Ketombe yang kamu alami bisa disebabkan dari berbagai faktor salah satunya saat kulit kepalamu kekurangan nutrisinya. Untuk itu asupan nutrisi dari makanan yang bergizi penting dilakukan. Berbagai makanan seperti buah, sayur, daging, kacang-kacangan, dan berbagai makanan lainnya akan membuat rambut kamu sehat kembali dan terbebas dari ketombe.
  4. Gunakan cuka. Bahan cuka dengan baunya yang menyengat selain bisa digunakan sebagai penyedap makanan juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe yang membandel. Adanya kandungan zat asam dalam cuka bermanfaat untuk mengelupaskan sel kulit yang mati pada kulit kepala, sehingga sel-sel yang mati akan mudah untuk dihilangkan.
  5. Baking soda. Bahan terakhir ini sering dipakai untuk adonan dalam membuat roti. Akan tetapi baking soda juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe yang membandel.  Untuk penggunaannya lebih baik dihentikan setelah ketombe hilang.

Itulah 5 bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan ketombe dan merawat rambut anda. Apapun model rambut pendek atau panjang jika kulit kepala dan rambut sehat tentu akan terlihat lebih menawan.