Sekilas Tentang Teknologi Nuklir

Jika kita mendengar kata teknologi nuklir, maka kita akan membayangkan sebuah teknologi yang berkaitan dengan sebuah sumber daya atau energi yang memiliki kekuatan maha dahsyat yang bisa meluluhlantakan sebuah daerah dalam sekejap. Namun, apakah benar yang selama ini kita bayangkan tentang istilah teknologi nuklir tersebut ? Bagi sebagian orang, teknologi nuklir seringkali memberikan kesan menakutkan. Berbagai gambaran menyeramkan segera muncul di kepala begitu mendengar kata ini.

Padahal, sejatinya teknologi nuklir telah memberikan manfaat yang besar di berbagai bidang. Selain di bidang energi yang telah banyak dikenal, teknologi ini telah memberikan kontribusi yang besar di bidang kesehatan, industri, pertanian dan sebagainya. Patut disayangkan adanya pendapat bahwa teknologi ini harus dijauhi dan bahkan “diharamkan”. Oleh sebab itu, memandang teknologi ini dengan jernih, tidak dicampuri dengan pandangan pandangan yang keliru, merupakan bekal yang penting untuk lebih memanfaatkan teknologi ini secara luas.

Jika kita bicara tentang teknologi nuklir, berarti kita juga berbicara tentang nuklirnya itu sendiri. Nuklir merupakan bagian dari atau yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom). Bahan pembuat nuklir adalah uranium. Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber berlimpah energi terkonsentrasi. Banyak hal lainnya yang berkaitan dengan karakteristik nuklir tersebut.

Kegunaan cukup banyak yaitu diantaranya adalah sebagai sumber listrik yang hemat, senjata, radio isotop, dan kegunaan – kegunaan lainnya dalam bidang yang lainnya seperti pertanian, kesehatan dan lain – lain. Nah, jika nuklir tersebut dikelola dengan baik dengan menggunakan peralatan teknologi nuklir yang baik pula, serta hasilnya dipakai oleh orang atau lembaga yang baik, maka keberadaan nuklir tersebut tidak untuk ditakuti lagi oleh manusia. Yang menjadi masalah adalah jika teknologi nuklir tersebut digunakan oleh orang – orang atau lembaga yang tidak bertanggung jawab, maka teknologi nuklir bisa sangat membahayakan bagi manusia di dunia ini.

Demikianlah sekilas mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan masalah teknologi nuklir yang perlu anda ketahui, agar anda bisa merubag image anda yang buruk terhadap sumber tenaga yang satu ini.