Fungsi dan Manfaat Komputer

Tak banyak orang yang belum mengenal komputer di dunia ini, semua manusia dari anak kecil hingga orang tua pasti sudah mengenalnya. Ya, meskipun tidak secara detail, setidaknya mereka pernah tahu dan pernah melihat perangkat tersebut, entah dari televise, radio, media cetak atau media sosial.

Komputer merupakan serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti.

Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya. Komputer sangat banyak manfaatnya bagi manusia, dari mulai pekerjaan yang sulit hingga pekerjaan yang ringan seperti untuk menulis naskah atau surat.

Komputer diciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan sebuah pekerjaan. Dengan adanya komputer, sebuah pekerjaan akan menjadi berkualitas karena komputer diciptakan untuk tidak pernah melakukan kesalahan sedikitpun. Adapun kesalahan hanya terletak pada manusia yang menggunakannya, karena komputer memiliki karakteristik mengerjakan sesuatu dengan tanpa kesalahan sedikitpun.

Mengapa kita harus menggunakan komputer ketika kita tengah melakukan sebuah pekerjaan ? jawabannya adalah karena komputer memiliki fungsi dan manfaat yang sangat banyak bagi manusia.

Adapun fungsi dan manfaat dari perangkat komputer tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Komputer Sebagai Sarana Mempermudah Kerja. Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah dan hasilnya akan maksimal karena mampu menekan tingkat kesalahan dalam bekerja
  2. Komputer Sebagai Sarana Komunikasi. Komunikasi dengan komputer kita dapat berbicara dengan teman atau saudara kita, video call dengan menggunakan Webcam, Chating, mengirim surat, gambar atau file kepada mereka dengan cepat.
  3. Komputer sebagai Alat Hiburan. Dengan komputer kita dapat menghibur diri kita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer seperti DVD, game online, TV tuner dan lain – lain.
  4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan internet kita dapat memperoleh pengetahuan tentang berbagai hal yang bermanfaat bagi kita.
  5. Komputer Sebagai Sarana Informasi. Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi atau berita apapun yang terjadi di dunia ini secara cepat dan akurat
  6. Komputer Sebagai Sarana Usaha. Komputer bisa dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain rental komputer, warnet dan lain – lain.