Ketergantungan Mesin Pada Manusia

 

Ketergantungan Mesin Pada ManusiaIngat dengan lirik lagu nasyid ahun dua ribu kerja serba mesin berjalan berlari menggunakan mesin manusia tidur berkawan mesin makan dan minum dilayani mesin memang sekarang ini adalah tahun serba mesin sampai sekarang ini dan terus dengan perkembangan dunia teknologi yang tidak terbendung.

Hal tersebut adalah salah satu tantangan tersendiri bagi semua orang untuk memanfaatkan sebijaksana mungkin untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Pekerjaan semakin mudah dengan bantuan mesin seperti berangkat kerja menggunakan kendaraan, membuat jus dengan menggunakan blender,

sampai pekerjaan rumah dilayani mesin menggunakan penyedot debu serta membajak sawah sekarang ini tidak menggunakan kerbau melainkan mesin. Sangat mudah memang dan menguntungkan bagi sebagian pekerjaan dengan memanfaatkan mesin sebagai alat untuk kemudahan.

Memanfaatkan mesin sebagai salah satu teman dalam hidup memang menjadi salah satu yang kemudahan tersendiri. Akan tetapi segala hal juga tidak perlu menggunakan mesin sebagai satu-satunya alat vital yang dimanfaatkan.

Jika semua tergantung pada mesin mungkin manusia akan kurang sosialisasi terhadap masyarakat sekitar sehingga kurangnya kebersamaan yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari tanpa tatap muka. Contohnya saja jika ingin mengobrol sekarang menggunakan telepon dan lain lain sebagainya seperti aplikasi chating yang sekarang berjamuran.

Perubahan perilaku juga berpengaruh besar terhadap perkembangan pada era globalisasi saat ini membuat semua orang ketagihan untuk menggunakannya dalam kehidupan serba modern ini.

Selalu bijak dalam menggunakan teknologi bagi kemudahan umat manusia pada era modernisasi ini adalah salah satu tindakan yang meminimalisir ketergantungan kita terhadap perubahan perilaku.

Berbagai dampak negatif yang dihasilkan dari kemudahan yang diberikan mesin terhadap perkembangan dunia dewasa ini adalah yang menjadi salah satu sorotan sehingga manusia mempermudah pekerjaannya dengan bantuan alat mesin.

Coba saja bayangkan jika semua orang ketergantungan terhadap perkembangan dunia mesin yang ada saat ini, nampaknya tidak perlu lagi bermasyarakat dan kurangnya sosial dalam kehidupan.

Sungguh miris rasanya jika diambil dari sisi lain kehidupan jika ketergantungan pada alat mesin pada saat ini. Selalu bijaksana dalam perkembangan yang ada pada era modern saat ini.