Keunggulan Layanan VoLTE Sebagai Teknologi Terbaru Dalam Dunia Komunikasi

Handphone atau telepon genggam merupakan produk teknologi tersukses yang hingga kini fungsinya terus ditambah. Pengguna telepon seluler juga hingga kini mengalami peningkatan yang signifikan, terutama pada ponsel cerdas atau smartphone. Meskipun telepon pintar ini memiliki banyak fitur menarik, namun fungsi utamanya tetaplah untuk berkomunikasi dengan panggilan suara (voice call). Saat ini ada beberapa pilihan jenis panggilan suara, yakni panggilan biasa menggunakan pulsa dan VoIP yakni panggilan suara dengan memanfaatkan jaringan internet.

keduanya memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Jika panggilan biasa memerlukan pulsa yang cukup banyak, sedangkan panggilan menggunakan internet bisa dibilang gratis karena menggunakan kuota paket data anda, namun seringkali terputus karena kualitas jaringan yang tidak stabil. Sebagai solusi dari keduanya, saat ini hadir layanan VoLTE (Voice Over LTE) sebagai produk teknologi terbaru yang bisa anda pilih sebagai cara berkomunikasi tanpa hambatan karena memanfaatkan jaringan 4G LTE.

Artikel kami kali ini akan memaparkan mengenai kelebihan layanan VoLTE yang bisa anda pilih sebagai cara terbaru dalam berkomunikasi.

  1. Layanan VoLTE menggunakan jalur khusus

Salah satu alasan mengapa layanan panggilan suara menggunakan berbagai aplikasi di internet memiliki kualitas yang kurang baik adalah karena biasanya layanan ini menggunakan jalur umum (default bearer) yang kualitasnya dapat terpengaruh oleh banyaknya layanan yang diakses. Berbeda dengan layanan VoLTE yang menggunakan jalur khusus (dedicated bearer) sehingga membuat layanan bekerja dengan lebih lancar. Jalur khusus ini akan memisahkan traffic VoLTE dengan penggunaan data lainnya.

2. Kualitas suara HD (Wideband Audio)

Menggunakan layanan VoLTE akan memberikan anda pengalaman menikmati layanan panggilan suara dengan sangat jernih, karena batas output VoLTE adalah 50 Hz – 7.000 MHz yang akan memberikan kualitas paling tinggi dan membuat anda merasakan kualitas suara superior dengan background noise sangat kecil jika dibandingkan telepon biasa.

3. Penggunaan voice dan data bisa dilkakukan secara bersamaan

Saat anda melakukan panggilan telepon konvensional, maka secara otomatis layanan data akan berhenti, dan tersambung lagi setelah panggilan anda berakhir. Hal ini tidak berlaku saat anda melakukan panggilan suara ataupun video dengan layanan VoLTE karena layanan ini memungkinkan anda melakukan panggilan sementara aktivitas download dan lainnya tetap berjalan.

Itulah sebagian kelebihan dari layanan VoLTE sebagai produk teknologi terbaru dalam dunia komunikasi, semoga bermanfaat.