Inilah Perbedaan Deposito Online dengan Tabungan Biasa

Pada dasarnya, konsep dasar dari sebuah deposito mirip seperti tabungan. Contohnya seperti deposito online dimana nasabah menyimpan uang di bank, namun dalam jangka waktu tertentu. Meski begitu, ada perbedaan dasar yang sangat mencolok sekali.

Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda terkait apa saja perbedaan deposito online bagi Anda yang ingin tahu perbedaannya.

Perbedaan Deposito dan Tabungan

deposito online

Deposito dan tabungan pada dasarnya merupakan dua jenis investasi yang paling umum ditemukan di bank. Namun, masih banyak orang yang tidak memahami perbedaan antara keduanya.

Meskipun keduanya serupa karena keduanya dilakukan di bank dan menawarkan suku bunga, tapi kedua produk investasi ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara kerjanya. Berikut adalah perbedaannya.

Mengenal Apa Itu Tabungan dan Konsepnya

Tabungan adalah jenis rekening bank yang umumnya digunakan oleh orang untuk menyimpan uang mereka dengan tujuan menghemat. Tabungan  sama seperti deposito yang menawarkan suku bunga. Hanya saja suku bunga tabungan yang lebih rendah daripada deposito, tetapi uang dapat diambil sewaktu-waktu tanpa biaya tambahan atau konsekuensi finansial yang serius.

Tabungan merupakan produk perbankan untuk menyimpan sejumlah uang dengan sistem fleksibilitas yang mempermudah dalam mengakses uang. Uang bisa Anda ambil sewaktu-waktu tanpa biaya tambahan, dan ada batas penarikan harian.

Namun, suku bunga tabungan cenderung lebih rendah daripada jenis investasi lainnya, contohnya seperti deposito. Tabungan juga tidak menawarkan keuntungan pajak seperti jenis investasi lainnya seperti asuransi jiwa atau reksadana.

Mengenal Apa Itu Deposito dan Konsepnya

Deposito merupakan bentuk investasi jangka pendek di mana para nasabah menempatkan uangnya pada bank untuk jangka waktu tertentu. Deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan, tetapi uang yang ditempatkan dalam deposito tidak dapat diambil sampai jangka waktu tersebut berakhir.

Deposito biasanya digunakan untuk tujuan investasi jangka pendek dan untuk menghindari pengeluaran yang tidak terduga. Deposito ditawarkan dalam tenor mulai dari 1 hingga 3 tahun. Bahkan ada juga yang di bawah 1 tahun.

Keuntungan dari deposito yaitu suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan. Deposito juga memberikan penghasilan yang tetap dan terjamin selama jangka waktu tertentu, tanpa khawatir suku bunga yang berubah-ubah. Keuntungan lainnya adalah keamanan karena bank memberikan jaminan atas dana yang tersimpan dalam deposito.

Akan tetapi, uang yang ditempatkan dalam deposito tidak bisa Anda ambil sebelum jangka waktu berakhir. Jika nasabah mencoba untuk mengambil uang sebelum jangka waktu berakhir, maka akan dikenakan biaya atau penalti.

Perbedaan Suku Bunga Deposito dan Tabungan

Suku bunga deposito umumnya ditawarkan dengan nominal yang lebih tinggi daripada suku bunga tabungan karena deposito adalah jenis investasi jangka pendek yang memberikan penghasilan tetap dan terjamin selama jangka waktu tertentu.

Sementara itu, suku bunga tabungan lebih rendah karena tabungan menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengakses uang. Jadi bagi Anda yang ingin berinvestasi, Anda bisa memilih produk deposito untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Rekomendasi Deposito Online

Ingin menginvestasikan uang melalui deposito? Kini Anda bisa menginvestasikan uang Anda di deposito yang tersedia di Bank Sinarmas. Anda bisa membuka deposito di bank terkait secara online melalui aplikasi SimobiPlus.

Suku bunga deposito online dari Bank Sinarmas tergolong kompetitif sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Cara mengajukannya mudah dan syaratnya hanya perlu menjadi nasabah di bank terkait terlebih dahulu.