Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi Dengan Cara Termudah

Bayi dikenal dengan kulitnya yang begitu sangat sensitif, tidak heran jika bayi lebih mudah terkena serangan penyakit kulit seperti biang keringat. Untuk itu Anda selaku orang tua, setidaknya harus mengetahui cara menghilangkan biang keringat pada bayi ini yang bisa dilakukan sendiri di rumah. 

Biang keringat ini sendiri merupakan salah satu bentuk permasalahan kulit yang ditandai dengan banyaknya ruam kemerahan pada kulit atau munculnya bintik-bintik kecil berisi cairan. 

Meski tidak dikategorikan sebagai salah satu permasalahan kulit yang berbahaya, biang keringat ini tidak jarang bisa membuat bayi menjadi mudah rewel karena bisa membuat rasa gatal dan tidak nyaman ketika beraktivitas. 

Cara Mengatasi Biang Keringat yang Benar 

Salah satu bentuk pencegahan biang keringat pada si kecil bisa dengan cara melakukan perawatan kulit yang benar. Namun bila si kecil sudah terlanjur terkena biang keringat, berikut cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa Anda lakukan. 

  1. Jangan Gunakan Bedak

Masih banyak yang salah paham mengenai pemberian bedak tabur terhadap biang keringat pada bayi. Bukannya akan membaik, pemberian bedak tabur ini malah bisa mengundang terjadinya jamur dan infeksi bakteri lainnya. 

cara menghilangkan biang keringat pada bayi
  1. Ciptakan Ruangan yang Sejuk

Salah satu penyebab terjadinya biang keringat pada bayi adalah karena faktor cuaca yang panas. Dengan begitu Anda bisa mengakalinya dengan membuat ruangan bayi menjadi lebih sejuk, bisa dengan penambahan kipas angin atau AC. Kalaupun mengharuskan memakai popok, pastikan memakaikan popok dengan sirkulasi udara yang baik seperti dari Makuku. 

  1. Mandi dengan Air Dingin

Untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat pada area kulit yang terkena permasalahan biang keringat, Anda bisa melakukan mandi air dingin kepada si bayi. Walaupun situasinya tidak mendukung, maka bisa dengan cara kompres dengan menggunakan air dingin saja. 

  1. Oleskan Krim Khusus Untuk Biang Keringat

Cara praktis untuk mengobati biang keringat pada bayi bisa dilakukan dengan cara memberikan krim khusus biang keringat. Biasanya krim khusus ini terdapat kandungan hidrokortison sekitar 1 persen di dalamnya. 

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan biang keringat pada bayi dengan benar. Semoga bermanfaat!