Ikuti Langkah Cerdas Bayar Tagihan Listrik Dengan Tepat

Salah satu cara menstabilkan arus finansial Anda yaitu dengan membayar tagihan secara tepat waktu. Penting untuk mengetahui jadwal bayar tagihan listrik Anda agar tidak sampai jatuh tempo. Memiliki kebiasaan membayar tagihan tepat waktu akan memberikan Anda beberapa keuntungan, diantaranya mengurangi stress, menghemat uang bulanan, meningkatkan skor kredit, dan berpotensi mendapatkan kredit dengan bunga rendah di masa depan. 

Tapi, bagaimana cara memulai kebiasaan untuk membayar tagihan listrik dengan tepat waktu? Jangan khawatir, disini Anda akan mendapatkan empat cara mudah untuk mengontrol pengeluaran tagihan dan menjaga saldo rekening agar membayar tagihan tepat waktu saat tanggalnya tanpa terkena denda.  

Lima Cara Teratas untuk Mencegah Pembayaran Terlambat

bayar tagihan listrik
  1. Jadwalkan Waktu Pembayaran Tagihan Manual 

Beri tanda di kalender Anda untuk membayar tagihan secara teratur dengan cara yang sama seperti Anda menjadwalkan waktu untuk menghadiri acara atau rapat kerja. Dengan menyisihkan waktu reguler untuk membayar tagihan Anda, Anda akan menciptakan kebiasaan yang akan membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk melewatkan tanggal jatuh tempo.

  1. Bayar Tagihan Anda di Muka

Bisakah Anda membayar tagihan Anda sebelum jatuh tempo? Ya. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran tepat waktu, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membayar di muka tagihan Anda untuk menghindari denda keterlambatan. 

Jika Anda memiliki penghasilan tidak teratur, atau jika Anda memiliki kelebihan uang tunai, pertimbangkan untuk membayar di muka satu atau lebih dari tagihan berulang Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir tentang tanggal jatuh tempo pembayaran selama beberapa bulan. Awasi saja laporan bulanan Anda untuk mengetahui kapan Anda harus mulai membayar lagi.

  1. Daftar Pembayaran Otomatis Dari Rekening Bank 

Sebagian besar tagihan rutin Anda seperti listrik, air, cicilan, dan lain sebagainya dapat Anda buat membayar dengan otomatis. Artinya tabungan dari rekening yang Anda tunjuk akan secara otomatis terpotong sesuai dengan tanggal pembayaran yang Anda inginkan. Anda bisa meminta bank untuk melakukan pembayaran terjadwal dari rekening Anda. 

  1. Daftar Pembayaran Otomatis Dari Aplikasi Keuangan Online  

Selain dari pihak bank, Anda juga dapat melakukan sendiri dengan menggunakan aplikasi keuangan dari pihak bank (internet banking/mobile banking) atau aplikasi keuangan independen. Di era digital seperti sekarang tentu sangat mudah untuk melakukan pembayaran tagihan otomatis dari perangkat lunak. Umumnya, Anda akan mendapatkan pengingat beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan Anda. 

  1. Daftar untuk Menerima Tagihan atau Pengingat Tagihan Melalui Email

Apabila Anda seorang yang sibuk dengan segudang aktivitas yang dengan mudah melupakan tanggal pembayaran tagihan listrik, maka Anda dapat menggunakan email untuk keuntungan Anda. Anda dapat meminta sms atau e-mail yang berisi informasi tagihan sebanyak dua kali sebelum tanggal jatuh tempo sehingga Anda dapat membayarkan tepat waktu sebelum dikenai denda keterlambatan. 

Salah satu rekomendasi terbaik aplikasi keuangan yaitu SimobiPlus. Anda dapat membayar tagihan listrik dengan mudah, aman, dan cepat melalui aplikasi dari Bank Sinarmas ini. Anda bisa mendapatkannya di PlayStore maupun Apple Store. 

Menggunakan SimobiPlus memiliki banyak keuntungan diantaranya potensi mendapatkan poin transaksi yang dapat digunakan untuk membeli beragam voucher menarik. Menggunakan aplikasi SimobiPlus merupakan pilihan cerdas di era millennial seperti sekarang ini, salah satunya agar Anda memiliki pembayaran terjadwal dan arus keuangan Anda sehat. Menggunakan aplikasi SimobiPlus untuk sekarang dan masa depan yang lebih baik.