Berbagai Prospek Kerja Teknik Informatika

Dewasa ini, teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang paling banyak dicari dan diminati. Kenapa demikian? Karena, lulusan-lulusannya banyak dibutuhkan. Itulah salah satu alasan kenapa prospek kerja teknik informatika tergolong sangat bagus sekali. Ada banyak sekali peluang karier lulusan teknik informatika yang begitu populer dan diminati.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja pekerjaan dengan prospek yang bagus untuk lulusan tersebut, berikut akan kami coba paparkan apa saja pekerjaan-pekerjaan yang sedang menanti Anda.

  1. Software Engineering

Kebutuhan perangkat lunak saat ini tergolong sangat tinggi. Perangkat lunak memiliki peranan penting bagi perusahaan-perusahaan besar maupun perusahaan yang berada pada kelas menengah.

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika

Tugas seorang software engineering adalah membangun sebuah perangkat lunak, hingga mengecek apakah perangkat lunak yang sudah dibuat berfungsi dengan baik atau tidak. Dengan begitu, perusahaan bisa memastikan ketersediaan fasilitas yang semakin canggih untuk membantu pekerjaannya.

  1. Mobile Programmer

Selain perangkat lunak untuk komputer, penggunaan aplikasi mobile juga saat ini sudah diminati. Aplikasi adalah salah satu fasilitas suatu perusahaan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggannya.

Di lain sisi, aplikasi juga digunakan untuk berbagai kebutuhan-kebutuhan lain selain melayani para pelanggan. Di sini, tugas Anda adalah membangun sebuah aplikasi untuk kebutuhan tertentu.

  1. Software Tester

Seorang software tester berperan sebagai penguji sebuah perangkat lunak. Profesi ini tergolong menjanjikan karena banyak sekali dibutuhkan. Di lain sisi, sumber daya manusia yang memiliki keahlian ini masih terbatas. Itulah kenapa, seorang software tester sangat dicari.

Bagi Anda yang memiliki keahlian membangun sebuah software, dan mengujinya, pekerjaan ini sangat cocok sekali dengan kemampuan dan keahlian Anda. Cukup banyak perusahaan yang membuhkan keahlian ini.

  1. Computer Network

Komputer dan jaringan internet merupakan salah dua elemen penting dalam membangun sebuah perusahaan. Keduanya menjadi bagian terpenting di dalam sebuah perusahaan. Nah, Anda bisa bergelut di bidang tersebut karena banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang-orang ahli dalam bidang komputer dan jaringan internet.

Setiap lulusan teknik informatika umumnya memiliki pemahaman teori dari teknologi berbasis komputer dan jaringan internet. Itulah kenapa, Anda bisa memilih posisi ini untuk berkarier.

  1. Seorang Game Developer

Industri game saat ini menjadi salah satu bidang yang prospektif. Baik itu game mobile, game PC, maupun game konsol. Anda akan bergabung bersama sebuah tim yang berpengalaman untuk membuat sebuah game. Di sini, Anda bisa menjadi seorang desain grafis, maupun bergelut di bidang pemrograman game.

Di Indonesia sendiri, seorang game developer merupakan salah satu keahlian yang cukup banyak dicari. Di lain sisi, Anda juga bisa membuat game sendiri bersama tim Anda. Kemudian dipasarkan sebagai game mobile maupun game indie di platform konsol game maupun PC.

  1. Sebagai Konsultan IT

Bidang ini berkaitan erat dengan tanggung jawab pengembangan perangkat lunak, maupun pekerjaan lainnya yang didukung dengan komputer. Sebagai konsultan IT, Anda harus memenuhi berbagai keperluan yang digunakan untuk memudahkan di suatu perusahaan, khususnya yang berkaitan di bidang komputer.

  1. Menjadi Tenaga Pendidik

Anda juga memiliki prospek yang bagus untuk menjadi seorang tenaga pendidik. Entah itu menjadi dosen, maupun menjadi seorang guru. Ini juga menjadi salah satu bidang yang cukup prospektif bagi para lulusan teknik informatika di Indonesia.

Nah, itulah informasi seputar prospek kerja teknik informatika. Bagaimana, tertarik untuk memilih lulusan tersebut? Kini, Anda bisa belajar di IDS Digital College. Tempatnya nyaman. Selain itu, fasilitasnya pun lengkap dan didukung oleh tenaga pendidik berpengalaman.