5 Cara Hitung Biaya Bangun Rumah dengan Mudah

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda lakukan saat merencanakan pembangunan adalah menghitung biaya bangun rumah. Pasalnya dengan menghitung biaya bangun rumah ini Anda bisa menyediakan budget sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya, perhitungan biaya bangun rumah memang dibantu oleh kontraktor atau pemborong. Namun Anda tetap perlu melakukannya sendiri sebagai bahan pertimbangan secara garis besar. Berikut ini ada langkah-langkah atau cara hitung biaya bangun rumah tanpa bantuan orang lain yang bisa Anda ikuti:

Hitung Luas Lahan

Anda harus menghitung luas lahan terlebih dahulu sebelum menghitung biaya bangun rumah. Jadi Anda bisa mendapatkan angka pasti berapa luas lahan yang dimiliki. Bersihkan lahan sebelum melakukan pengukuran agar hasil lebih akurat.

Hitung Biaya Desain

Agar rumah Anda memiliki nilai keindahan dan nilai fungsi yang baik, Anda harus meminta bantuan pada arsitek dan desainer interior. Selain itu, jasa arsitek dan desainer interior juga mampu membantu Anda membangun rumah dengan konstruksi yang baik. Tanyakan berapa besar jasa desain yang mereka tawarkan kemudian masukkan pada perhitungan biaya bangun rumah.

cara hitung biaya bangun rumah
cara hitung biaya bangun rumah

Hitung Biaya Bahan Bangunan

Langkah atau cara hitung biaya bangun rumah selanjutnya adalah dengan menghitung biaya bahan bangunan. Cari tahu berapa biaya bahan bangunan langsung ke toko bangunan agar nilainya akurat. Pasalnya salah memprediksi harga bahan bangunan bisa membuat rancangan Anda berantakan.

Hitung Upah Pekerja

Upah pekerja berbeda setiap daerah sehingga Anda harus mencari tahu berapa besar upah pekerja di kota Anda. Biasanya ada tiga sistem yang digunakan pada upah kerja yaitu harian, borongan jasa, dan borongan penuh. Pilih sistem yang Anda anggap menguntungkan.

Hitung Biaya Akhir

Biaya akhir bisa didapatkan dengan menjumlahkan luas tanah, biaya desain, bahan bangunan, dan upah pekerja. Jangan lupa untuk menyediakan biaya darurat sebagai antisipasi jika hal masalah selama proses pembangunan rumah.

Itulah langkah-langkah atau cara hitung biaya bangun rumah yang bisa Anda ikuti dengan mudah tanpa bantuan kontraktor atau pemborong. Jika ingin menghemat biaya bangun rumah, Anda bisa menggunakan material yang terjangkau. Semen Tiga Roda merupakan pilihan tepat karena selain terjangkau, semen ini juga berkualitas. Apalagi saat ini Semen Tiga Roda hadir dengan banyak jenis yang bisa disesuaikan kebutuhan Anda. Semen terbaik ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko bangunan terdekat.