Jenis Bahan Bangunan Semen Beserta Fungsinya

0
105
jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Semen merupakan bahan bangunan paling penting yang biasa digunakan untuk pembangunan konstruksi. Selain pembangunan konstruksi, semen juga bisa digunakan untuk acian dan juga pembuatan lantai. Jenis semen yang dipakai untuk setiap pembangunan berbeda-beda. Oleh sebab itu, ada beberapa jenis semen yang ada di pasaran sesuai dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan bangunan semen yang harus Anda ketahui beserta dengan fungsinya:

jenis bahan bangunan
jenis bahan bangunan

Semen Biasa

Semen biasa juga dikenal dengan nama Portland Cement atau PC. Semen jenis ini pada umumnya digunakan untuk pembangunan rumah atau pembangunan umum tanpa syarat khusus. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya yaitu batu kapur atau gamping. Ada beberapa tipe Portland Cement yaitu PC tipe I, PC tipe II, PC tipe III, PC tipe IV, dan PC tipe V.

Portland Composite Cement

Jenis bahan bangunan semen selanjutnya yaitu Portland Composite Cement atau PCC. Fungsi utama semen jenis ini yaitu sebagai perekat sebuah konstruksi beton umum, beton pra cetak, pasangan batu bata, dan lain sebagainya. PCC memiliki beberapa karakter seperti tahan sulfat, tahan terhadap air, serta tidak mudah retak.

Semen Putih

Di Indonesia sendiri belum banyak merk semen yang memproduksi semen putih. Merk Semen Tiga Roda menjadi merk semen pertama yang memiliki semen jenis ini. Adapun fungsi utama dari semen putih yaitu untuk melapisi keramik, dekorasi interior, ataupun dekorasi eksterior. Karena fungsinya tersebut, Anda akan lebih sering melihat semen putih pada pembangunan rumah atau gedung.

Semen Acian Putih

Semen acian putih juga biasa disebut dengan Mortar TR-30. Ketika sudah selesai dengan penggunaan semen putih pada pembangunan interior atau eksterior, selanjutnya nanti bisa menggunakan semen acian putih untuk finishing. Semen ini bisa digunakan pada finishing acian, plesteran, maupun pemasangan keramik.

Itulah berbagai jenis bahan bangunan semen yang harus Anda ketahui sebelum merencanakan pembangunan. Menggunakan semen sesuai dengan fungsinya dapat membantu Anda mendapatkan bangunan yang lebih berkualitas. Agar bangunan lebih berkualitas lagi, Anda bisa memilih semen terbaik yaitu Semen Tiga Roda. Salah satu keunggulan dari semen ini yaitu hasil bangunan yang tidak mudah retak. Selengkapnya mengenai Semen Tiga Roda bisa Anda lihat langsung di website sementigaroda.com.