Beberapa Macam Buku Yasin yang Perlu Kamu Ketahui!

Bagi umat muslim Al- Qur’an adalah kita suci dari Allah yang apabila membacanya akan mendapat pahala dan manfaat. Terdapat 114 surat dalam Al-Qur’an yang masing-masing mengandung pelajaran dan keutamaan yang berbeda. Salah satu surat yang umum di baca oleh orang Indonesia dalah Yasin. Maka tidak heran apabila buku yasin banyak di cari orang. 

Surat yasin dipercaya memiliki beberapa keutamaan. Beberapa ulama meganjurkan surat ini baik menghafal dan membaca Al- Quran, ataupun membaca melalui buku yasin. Diantara manfaat membaca yasin adalah dibaca waktu pagi dan sore untuk melindungi sore dan pagi hari, menghilangkan rasa takut, mendoakan orang yang telah meninggal, dan lainnya.

buku yasin
buku yasin

Buku yasin di cetak dengan beragam jenis berdasarkan isinya. Nah, berikut ini adalah macam-maca jenis buku yasin:

 

  • Buku yasin umum

 

Buku ini berisi hanya surat yasin saja sesuai dengan yang tertera dalam Al-Quran dengan dilengkapi artinya. Selain itu juga terdapat beberapa doa dan tahlil pendek.

 

  • Buku yasin dan tahlil

 

Berbeda dengan buku yasin umumnya, buku ini mengandung isi yang tidak hanya surat yasin dan arti sesuai dengan Al-Quran saja. Akan tetapi juga terdapat tahlil yang panjang, serta tambahan do’a-do’a khusus yang terkait sepertu doa sholawat, doa jenazah, ziarah kubur dan lainnya. Biasanya buku ini juga disebut sebagai buku yasin lengkap

 

  • Buku yasin, tahlil, dan istighasah

 

Buku ini sebenernya hampir serupa dengan isi uku yasin dan tahlil lengkap. Hanya saja terdapat tambahan beberapa do’a istighasah yang berguna untuk menambah ketenangan diri seseorang saat membaca buku ini

 

  • Buku yasin fadhilah

 

Buku ini merupakan buku yang ditulis oleh Muhammad Imam Al-Faqih Al-Muqaddam. Jika dilihat dari segi isi, buku ini dinilai cukup berbeda dengan isi buku yasin pada lainnya. Tentu saja perbedaan ini menjadi identitas khusus dari buku yasin fadhilah sehingga lebih mudah dikenali. Berikut ini isi dari buku yasin fadhilah:

  • Berisi ayat satu atau pertama yang berbunyi yaasiin dengan diulang 3 sampai 7 kali
  • Terdapat selingan doa dzikir diantara ayat surat yasin
  • Doa dan dzikir yang ditulis diantara bacaan ayat biasanya diawali dengan bacaan sholawat nabi dan sahabatnya
  • Setiap bacaan dzikir dan do’a tersebut dibaca berulang hingga 3 kali ulangan
  • Pada akhir setelah selesai membaca surat yasin, diakhiri dengan bacaan tahlil dan do’a-do’a seperti halnya yang terdapat pada buku yasin umumnya.

Kebutuhan buku yasin saat ini tidak hanya bisa didapatkan di toko buku, namun kamu bisa mencetak buku yasin kamu sendiri. Berbeda dengan dulu, perkembangan teknologi digital semakin memudahkan masyarakat untuk membuat buku yasin secara cepat via online. Salah satu perusahaan percetakan online yang cukup terpecaya adalah snapy. Sebelumnya snapy dikenal sebagai percetakan murah berkuaitas yang memiliki beberapa cabang, mulai dari Jakarta hingga jawa. 

Dengan memaksimalkan teknologi digital ini, snapy hadir dengan konsep digital printing yang bisa melakukan pemesanan dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Hanya berbekal internet, kamu bisa mengakses website snapy dan memilih produk desain template yang ada ataupun template kamu sendiri.

Snapy tidak hanya mencetak buku yasin, tetapi berbagai macam produk seperti cetak id card, kartu nama, undangan pernikahan, poster, foto canvas, pin, mug, kalender, brosur dan lainnya secara online. 

Ditambah lagi perusahan percetakan ini juga telah bekerja sama dengan jasa pengiriman online seperti Go-jek, yang akan siap mengantarkan pesanan anda dengan cepat. Apalagi ditengan kodisi pandemic saat ini yang membatasi aktivitas diluar, tentunya ini menjadi kemudahan untuk anda untuk mencetak produk, namu terkendala keluar rumah.