Mengetahui Bahan Baku Ring Mens Collection Selain Emas

0
84
ring Mens Collection
ring Mens Collection

Di zaman modern ini, kebutuhan akan aksesoris perhiasan tidak hanya oleh para wanita, akan tetapi sudah menjadi tren bagi pria. Jenis aksesoris perhiasan yang umum dipakai pria adalah cincin. Maka tidak heran apabila saat ini telah banyak desainer perhiasan yang mulai mengembangkan ring mens collection dengan desain yang makin beragam.

Sama halnya dengan aksesoris perhiasan untuk wanita, ring mens collection tidak hanya dikembangkan dari sisi desain, tetapi juga bahan yang beragam. Selain berbahan dasar umum, logam mulia emas misalnya. Terdapat beberapa bahan baku cincing pria lainnya yang mungkin tidak sedikit masyarakat masih merasa awam.

Beberapa bahan baku ring mens collection selain emas

ring Mens Collection
ring Mens Collection

Bahan perhiasan yang paling umum dimasyarakat adalah emas, tetapi taukah kamu ada beberapa bahan lain yang juga digunakan sebagai bahan perhiasan dalam membuat ring mens collection. Nah, beberapa bahan tersebut diantaranya adalah:

1. Perak

Perak merupakan salah satu jenis logam mulia yang memiliki warna putih mengkilap. Biasanya dalam proses pembuatan perhiasan perak akan ditambahkan bahan lain untuk mensupprot pembentukan perak menjadi perhiasan, diantara bahan lain tersebut adalah fine silver, sterling silver, dan argentium silver.

Perak memiliki berat yang ringan serta terjangkau, namun mudah meninggalkan bekas saat tergores serta warnya yang sangat mudah memudar. Agar kondisi perhiasan tetap terjaga, maka harus merawatnya dan rajin dibersihkan. Salah satu bahan rumahan yang dapat digunakan untuk membersihkan perak adalah sabun cuci piring.

2. Palladium

Palladium saat ini menjadi salah satu bahan perhiasan yang cukup tinggi peminatnya. Warnanya yang putih natural dan berkilau membuat terlihat mewah apabila digunakan sebagai aksesoris. Apalagi palladium memiliki sifat yang ringan serta tahan lama terhadap kondisi, sehingga tidak mudah pudar warnanya.

Tidak sedikit calon mempelai pria lebih memilih cincin berbahan palladium dibandingkan dengan yang lain, terlebih untuk prosesi tunangannya. Apalagi harganya yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan emas, serta bahannya ringan, yang membuat pemakainnya lebih nyaman. Ditambah lagi, kamu tidak membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya. Kamu hanya perlu membersihkan periasan palladium dengan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat

3. Platinum

Platinum, mungkin sekilas logam ini terlihat hampir sama dengan palladium. Namun siapa sangkah bahwa logam ini tercatat sebagai logam putih termahal di dunia. Meski demikian, platinum memiliki kelebihan yang tidak dimiliki logam lain, yakni tahan lama dan tidak pudar, tidak memuai saat terkena panas, dan yang lebih penting adalah tidak menimbulkan alergi seperti halnya bahan logam lainnya.

Akan tetapi, platinum juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangan tersebut adalah mudah teroksidasi sehingga berubah warna membentuk lapisan coklat atau hijau.

4. Tungsten

Mungkin bahan perhiasan satu ini cukup asing bagi sebagian orang. Tungsten adalah salah satu logam mulia yang memiliki titik lebur terbilang tinggi, sehingga mampu bertahan lama. Selain itu, tungsten juga memiliki kekuatan daya tarik menarik yang cukup tinggi

Kelebihan lain yang dimiliki perhiasan berbahan tungsten adalah tidak mudah teroksidasi yang menyebabkan korosi atau karat, dan juga harga tungsten relative lebih terjangkau jika dibandingakn dengan emas. Disamping itu, cara merawatnya pun mudah yakni dengan rajin membersihkan perhiasan yang terkena noda dengan kain bersih, atau jika dirasa noda membandel, kamu bisa bersihkan juga dengan  air.