Aloe Vera dan Seledri, Dua Tumbuhan Ajaib yang Bisa Bantu Atasi Rambut Rontok

0
39

Rambut merupakan mahkota kepala yang sangat didambakan, terutama untuk kaum hawa. Kesehatan dan keindahan rambut rupanya menjadi salah satu aspek penting agar penampilan tetap menawan. Namun, tidak sedikit wanita yang mengeluhkan rambut rusak dan rontok, sehingga mereka harus benar-benar ekstra dalam merawat rambut. Nah, untuk mengatasinya, Anda hanya cukup menggunakan dua tumbuhan ajaib ini, yakni alow vera atau lidah buaya dan minum jus seledri atau dibuat shampo.

Efek buruk kerontokan rambut bagi kesehatan psikologi

Tidak hanya penampilan, rambut rontok juga akan menyebabkan berbagai efek buruk bagi kesehatan psikologi, seperti tidak percaya diri, hingga depresi. Untuk, penyebab kerontokkan itu sendiri pun juga beragam. Mulai dari gangguan autoimmune kulit kepala yang tidak sehat, adanya penyakit sistemik, stres yang berlebih, kebiasaan yang tidak sehat, makanan, hingga lonjakan hormon karena berbagai sebab.

Nah, aloe vera dan jus seledri atau perasan batang seledri disebut bisa mengatasinya. Karena, kedua tumbuhan ajaib ini mampu membantu menyuburkan rambut dan juga bisa membantu mengatasi kebotakan. Memang ada kandungan apa saja yang ada di dalam kedua tumbuhan tersebut?

Kandungan lidah buaya yang dipercaya turun temurun bisa bantu mencegah kerontokan

Tumbuhan pertama adalah aloe vera atau lidah buaya, yang dipercaya turun temurun untuk mengatasi kerontokan rambut dan bisa menyuburkan hingga menghitamkan rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung 75 bahan aktif yang terdiri dari vitamin, enzim, mineral, lignin, saponin, asam salisilat dan berbagai asam amino.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga di percaya memiliki efek anti radang dan bisa digunakan sebagai moisturaizer untuk rambut dan juga kulit. Sehingga, lidah buaya sangat baik jika Anda gunakan sebagai pelambab kulit alami.

Seledri mengandung anti oksidan yang baik untuk kulit kepala dan rambut

Tumbuhan ajaib selanjutnya adalah seledri. Selain minum jus seledri, Anda juga bisa menggunakan perasan batang seledri ini untuk masker rambut. Terlebih, seledri mengandung anti oksidan yang tinggi, sehingga bisa mencegah rambut kusam, rontok, hingga menghilangkan masalah ketombe.

Untuk cara mengaplikasikannya juga sangat mudah. Lidah buaya maupun jus seledri bisa Anda blender dan pisahkan sari dan ampasnya. Sebelumnya, cuci rambut Anda terlebih dahulu hingga bersih dan keringkan, lalu aplikasikan langsung ke rambut Anda, dari kulit kepala hingga pangkal rambut.

Pijat-pijat dengan lembut, selanjutnya bisa Anda diamkan selama beberapa menit, sebelum akhirnya dibilas dengan air hingga bersih. Hal ini juga bisa Anda ulangi minimal seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Khusus seledri, bisa diaplikasikan dari dalam dengan cara dikonsumsi

Selain bisa diaplikasikan dari luar atau lokal. Anda juga bisa menikmati manfaatnya dengan cara diminum atau dikonsumsi, khususnya untuk seledri. Karena seledri juga bisa membantu menyerap kandungan antioksidan dari dalam tubuh, dan bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan rambut dari dalam.

Anda bisa membuat jus seledri dengan menambahkan beberapa bahan tambahan seperti buah, atau madu. Lalu Anda bisa minum jus seledri tersebut rutin setiap hari. Selain dijus, Anda juga bisa menikmati seledri dengan dimakan langsung. Anda bisa pilih jenis seledri batang besar, cuci bersih, lalu bisa langsung disantap dengan saus mayonise atau selai kacang.

Bahkan, seledri juga bisa memberikan banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan kulit dan rambut. Karena seledri juga bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari sebagai detoksifikasi, membantu menurunkan berat badan, anti peradangan, hingga sumber magnesium, yang masing-masing infromasi lengkapnya bisa Anda baca di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/